Menu

Mode Gelap

Gowa · 1 Mar 2022 15:34 WITA

Adnan Minta Pegawai Damkar Tingkatkan Kompetensi


 Adnan Minta Pegawai Damkar Tingkatkan Kompetensi Perbesar

HUT Damkar: Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Kadis Damkar Kabupaten Gowa, Rostam Razak menghadiri HUT 103 Damkar via virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa.(Foto : Humas Setkab Gowa)

DISWAY, Gowa – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) merupakan salah satu institusi pelayanan publik yang vital. Khususnya terkait penanganan bencana kebakaran.

Pentingnya peran Damkar harus dibarengi dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Oleh karena itu, Damkar mesti meningkatkan kompetensinya.

Permintaan ini dilontarkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-103 Damkar dan Penyelamatan Tahun 2022 secara virtual di Peaceroom A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Selasa, 1 Maret 2022.

Bupati Adnan berharap di usia Ke-103 ini, Damkar terus meningkatkan kualitas dan kompetensi seluruh personel sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tugas Damkar saat ini semakin kompleks. Tidak hanya berfokus pada pemadaman kebakaran, tetapi Damkar juga sudah bertransformasi menjadi penyelamatan. Misalnya menyelematkan manusia dari sarang tawon dan ataupun hewan-hewan lainnya yang ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar. Makanya, kompetensi pegawainya harus terus ditingkatkan,” harap Adnan.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Gowa, Rostam Razak menyatakan hal senada. Dia berharap di usia Ke-103 ini, Damkar bisa semakin memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Semoga kedepan, kita bisa menjalankan tugas dengan baik dan disiplin. Bukan hanya berkaitan dengan kebakaran, tetapi juga pelayanan non kebakaran,” tegasnya.

Dirinya menyebutkan dalam menjalankan tugas, Damkar mengenal istilah Panca Dharma yaitu Pencegahan dan Pengendalian kebakaran, Pemadaman Kebakaran, Penyelematan, Pemberdayaan Masyarakat dan penanganan bahan berbahaya.

“Jadi inilah ruang lingkup pemadam kebakaran. Misalnya penanganan sarang tawon dan ular, ini merupakan salah satu bentuk rescue atau penyelamatan manusia terhadap serangan binatang berbahaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA saat menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-103 Damkar menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemadam kebakaran dan penyelamatan yang telah menunjukkan dedikasinya dan profesionalismenya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya api dan kondisi darurat, Pemadam Kebakaran telah menunjukkan presentasi yang luar biasa. Penuh komitmen dalam memberikan layanan kedaruratan kepada seluruh warga masyarakat,” tandasnya. (rus)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Predikat Informatif, Bawaslu Kabupaten Gowa Jaga Transparansi Keterbukaan Informasi Publik

15 Juni 2024 - 11:53 WITA

Bawaslu Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Predikat Informatif. (Foto: Istimewa)

Pencuri Motor Marak di Kecamatan Parangloe, Warga Minta Polisi Bekerja

1 Juni 2024 - 12:08 WITA

Motor CRF warna biru yang disimpan di teras rumah digasak maling, Sabtu (1/6/2024).

KPU Gowa Gelar Tes Wawancara Calon PPS di Kecamatan Parangloe, Diikuti 25 Peserta

23 Mei 2024 - 18:39 WITA

Komisioner KPU Gowa, dr Suardi Mansing (tengah baju putih) foto bersama dengan PPK Parangloe dan calon PPS disela tes wawancara di sekretariat PPK Parangloe, Kamis (23/5/2024).

KPU Gowa Lantik 90 PPK Pilkada 2024

16 Mei 2024 - 23:55 WITA

Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul didampingi anggota komisioner KPU Gowa lainnya membacakan sumpah pada pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis, 16 Mei 2024.

Lolos Administrasi, 304 Calon Anggota PPK Pilkada 2024 di Gowa Ikut Tes CAT

5 Mei 2024 - 19:04 WITA

Komisioner KPU Gowa, Suardi Mansing (tengah baju putih) memantau persiapan tes tertulis sistem CAT calon anggota PPK di SMK Negeri 4 Gowa, Minggu, 5 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

KPU Resmi Tetapkan 45 Caleg Terpilih DPRD Gowa, PPP Raih Kursi Terbanyak

3 Mei 2024 - 23:57 WITA

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Gowa pada Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Gowa, Kamis 2 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)
Trending di Gowa