Menu

Mode Gelap

METRO · 14 Jan 2022 21:52 WITA

Angkutan Kota Berkurang, Uji KIR Tetap Harus Dilakukan


 Angkutan Kota Berkurang, Uji KIR Tetap Harus Dilakukan Perbesar

DISWAY, Makassar  – Dinas Perhubungan Kota Makassar setiap tahun rutin melakukan uji kelayakan kendaraan bermotor dari aspek teknis atau uji KIR.

Saat ini, jumlah uji KIR semakin berkurang karena angkutan kota atau petepete yang beroperasi di Kota Makassar pun semakin berkurang.

Dari catatan Dishub Makassar, kini tersisa sekitar 200 unit dari awalnya yang mencapai ribuan unit.

“Dulu itu kurang lebih 6000 petepete. Tiap tahun kita uji kelayakan tapi secara alamiah gugur satu per satu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Makassar, Iman Hud, Senin (17/1/2022).

Iman mengatakan, kebanyakan angkutan kota yang tidak beroperasi lagi karena kondisi fisik yang tidak layak pakai lagi. Selain itu, banyak juga yang berhenti beroperasi karena surat-surat kendaraan yang tak lengkap atau denda pajak kendaraan yang belum dituntaskan.

“Misalnya dimakan usia kendaraannya kan, mogok dan segala macam. Makanya mungkin banyak yang kandangkan kendaraannya,” jelasnya.

Iman mengatakan, angkutan kota yang masih bertahan tersebut telah dilakukan uji KIR.

“Nah yang bertahan sekarang (petepete) yang pasti itu semua sudah lulus uji kir. Karena itukan memang syaratnya supaya bisa beroperasi,” tegas Iman.

Iman tak menampik masih ada saja angkutan kota tidak layak yang beroperasi namun tetap dipaksakan. Dia menduga, hal ini terjadi karena kendaraan lolos dari pengawasan.

“Padahalkan tiap tahun kita uji KIR. Razia juga rutin. Mungkin saja ada oknum yah, kita sebut oknum yang bermain (meloloskan kendaraan yang sebenarnya tak layak). Nah kondisi ini yang kita terus evaluasi,” sebut Iman.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Perpres Publisher Rights Kunci Masa Depan Jurnalisme Berkualitas

1 Maret 2024 - 21:01 WITA

Perebutan Kursi DPRD Makassar Dapil 5, Irwan Hasan Pastikan Menang di Internal PPP

22 Februari 2024 - 14:35 WITA

Tiga Caleg PPP Dapil II DPRD Makassar Suaranya Diduga ‘Dicuri’

20 Februari 2024 - 19:39 WITA

Camat Sangkarrang Pantau Pencoblosan

16 Februari 2024 - 10:43 WITA

Sukseskan Pemilu 2024, Laksda TNI A. Rivai Ras Temui Wali Kota Makassar

14 Februari 2024 - 11:34 WITA

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menerima kunjungan Tim Pemantauan Penyelenggaraan Pemilu 2024 dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (13/2/2024).

Camat Sangkarrang Pantau Layanan Administrasi

13 Februari 2024 - 05:52 WITA

Camat Sangkarrang, Andi Asdhar memantau Langsung aktifitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Senin 12 Februari 2024. (Foto: Istimewa)
Trending di METRO