Menu

Mode Gelap

Sinjai · 22 Apr 2022 15:29 WITA

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Kapolres Rachmat: Sinjai yang Aman dan Kondusif Dibutuhkan Dukungan Masyarakat


 Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Kapolres Rachmat: Sinjai yang Aman dan Kondusif Dibutuhkan Dukungan Masyarakat Perbesar

DISWAY, SINJAI – Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rachmat Sumekar pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2022, di halamana Mapolres Sinjai, Jumat, 22 April 2022.

Pelaksanaan operasi ketupat tahun ini bertema “Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H”.

Apel gelar pasukan dihadiri yang mewakili Bupati Sinjai Asisten II Pemkab Sinjai Andi Ilham Abu Bakar, Kadis Perhubungan, Kasat Pol-PP dan Pejabat Utama Polres Sinjai, serta para Kasat, Kapolsek dan Perwira Staf Polres Sinjai.

Kegiatan apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pemimpin apel dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat 2022, kepada 4 (empat) anggota perwakilan dari Satuan lalu lintas, TNI Denpom Bone, Satpol-PP Sinjai, dan Dishub.

Kapolres Sinjai membacakan amanat seragam Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang intinya menyampaikan bahwa Polri dengan didukung dari TNI, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya menggelar Operasi Ketupat 2022 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April S/d 9 Mei 2022, fokus pengamanan adalah 101.700 obyek diseluruh indonesia baik Masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

Selain itu, pada minggu kedua sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14 S/d 27 April 2022, Polri juga telah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang Operasi Ketupat dengan sasaran Distribusi Sembako, Penyakit Masyarakat, Miras, Judi, Prostitusi, Narkoba, Petasan, Balon Udara yang mengganggu penerbangan dan lain lain serta tetap menggelar Operasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 khusus wilayah Polda Se Jawa dan Bali.

“Giat KRYD akan dilanjutkan kembali pasca operasi ketupat 2022 yaitu pada tanggal 10 S/d 17 Mei 2022 untuk mengantisipasi arus balik yang mungkin masih terjadi serta penanganan Covid-19,” ujarnya.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme, premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok antrean dan kelangkaan BBM, kejahatan konvensional (3C), penyakit masyarakat, konflik butuh terkat THR, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perkelahian kelompok atau antar kampung, aksi pengrusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

“Operasi ketupat ini harus dilaksanakan secara optimal,”jelasnya.

Kapolres Rachmat menambahkan, untuk itu, dukungan seluruh masyarakat sangat kami butuhkan untuk mewujudkan kabupaten sinjai tetap aman dan kondusif menjelang perayaan hari raya idul fitri dan sekaligus mengajak untuk bersama Polri tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat menyambut hari raya idul fitri 1443 H dan memohon maaf lahir bathin kepada seluruh personil pengamanan dan berharap semoga pengabdian yang dilaksanakan secara ikhlas akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa,” pungkasnya.

Adapun peserta apel gelar pasukan yaitu 1 (satu) regu perwira Polres Sinjai dan perwira Danpom Bone, 1 (satu) regu Sat Samapta Polres Sinjai, 1 (satu) regu Danpom Bone, 1 (satu) regu Sat Lantas, 1 (satu) regu gabungan Reskrim, Narkoba dan Intelkam, 1 (satu) regu Dishub, 1 (satu) regu dan satu regu Satpol-PP.***

Penulis: Andi Irfan

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Perkara Tipikor Rahabilitasi Daerah Irigasi Aparang Naik Proses Penyidikan di Kejari Sinjai

21 Mei 2024 - 13:17 WITA

Kejari_Sinjai

Oknum Guru PJOK Pelaku Pelecehan Anak Dibawah Umur di Sinjai Ditetapkan Tersangka

17 Mei 2024 - 22:47 WITA

Dilaporkan Konsumen Lakukan Pemaksaan, 6 Depkolektor Diringkus Sat Reskrim Polres Sinjai

17 Mei 2024 - 12:55 WITA

Orang Tua Siswa SMPN 31 Sinjai Terima Bantuan Beasiswa PIP

17 Mei 2024 - 10:58 WITA

Lantik 45 Orang PPK Terpilih, Ini Harapan Ketua KPU Sinjai

16 Mei 2024 - 16:27 WITA

Kpu_Sinjai

Dinas TPHP Sinjai Keciprat Bantuan Mesin Pompa Air Dari Kementan RI

15 Mei 2024 - 17:50 WITA

Trending di Daerah