Menu

Mode Gelap

Nasional · 22 Jun 2022 19:43 WITA

Buka Sosialisasi ICT Regional II, Dirjen Bangda Sampaikan Pentingnya Komitmen


 Buka Sosialisasi ICT Regional II, Dirjen Bangda Sampaikan Pentingnya Komitmen Perbesar

DISWAY – Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi secara resmi membuka Sosialisasi Program Information And Communication Technology/Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT/TIK) Wilayah II di Surabaya, Selasa (21/06).

Pada kesempatan ini, Teguh menekankan pentingnya upaya maksimal dan komitmen agar ICT pada Program IPDMIP dapat berjalan mencapai tujuan serta sasaran secara keseluruhan.

“Untuk mencapai hal tersebut, maka kerjasama, koordinasi dan kolaborasi antar seluruh pelaksana, menjadi poin penting mengingat program IPDMIP melibatkan berbagai sektor,” tambah Teguh yang membuka sosialisasi secara Daring.

Teguh menyampaikan terdapat tiga hal yang diharapkan dalam pencapaian program ICT yaitu optimalisasi potensi pertanian daerah dengan cara mengembangkan inovasi dan berkolaborasi dalam mengakselerasi pembangunan daerah, Penyadaran teknologi sebagai wujud implementasi ICT/TIK serta replikasi pelaksanaan ICT pada daerah-daerah yang bukan pengelola IPDMIP.

Disamping itu, Teguh juga mengatakan perlunya dukungan upaya penguatan kapasitas pemerintah daerah dan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan agribisnis dan pemasaran serta akses informasi pertanian.

“Dengan upaya transformasi digital pertanian ini diharapkan dapat mengoptimalkan pencapaian sasaran program dan memperbesar peluang peningkatan pendapatan petani dan pencapaian kesejahteraan masyarakat, ” tegas Teguh

Acara Sosialisasi Program ICT di Surabaya ini merupakan sosialisasi yang ke dua, setelah regional I dilaksanakan di Yogkarta pada Rabu (16/08) lalu. Forum ini dihadiri 8 Provinsi dan 19 Kabupaten pengelola IPDMIP secara Hybrid (Online dan Offline).

Sebelumnya, Ditjen Bina Bangda sebagai salah satu National Program Implementation Unit (NPIU) pada Program IPDMIP mendapatkan tanggung jawab untuk melaksanakan Replikasi Information and Communication Technology/Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT/TIK) di 16 provinsi dan 41 kabupaten.

Kegiatan ini sebagai upaya mendukung kebijakan transformasi digital bidang irigasi pertanian dan mendorong Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Kelompok Tani (Poktan) untuk mempunyai literasi digital dalam aspek produksi dan pemasaran produk pertanian, serta mampu beradaptasi dengan teknologi sensor debit, sensor cuaca, sensor kondisi tanah dalam aspek pengembangan pertanian modern.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pelatnas di Eropa Bantu Atlet Indonesia Adaptasi Cuaca

15 Juli 2024 - 20:50 WITA

Kemenag Ancam Cabut Kontrak Garuda Indonesia, Penerbangan Jemaah Haji Balikpapan Delay 28 Jam

8 Juli 2024 - 19:19 WITA

Fase pemulangan Jemaah Haji, lebih dari separuh telah tiba di tanah air dari total 221 ribu kuota jemaah tahun 2024. (Foto: Kemenag)

Presiden Jokowi Apresiasi Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan di RSUD Sinjai

4 Juli 2024 - 21:15 WITA

DKPP Ungkap Perbuatan Asusila Ketua KPU Hasyim As’yari, Begini Kronologinya

4 Juli 2024 - 14:06 WITA

Menurut Majelis hakim Ratna Dewi Pettalolo kronologi perbuatan asusila Ketua KPU Hasyim As'yari berlangsung saat melakukan bertugas sebagai Ketua KPU RI di Amsterdam. (Foto: Istimewa)

Buntut PDNS Diretas, Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri

4 Juli 2024 - 13:51 WITA

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Samuel Abrijani Pangerapan menyatakan dirinya mundur dari jabatannya. (Foto: Disway.ID-Ayu Novita)

Berhasil Retas Pusat Data Nasional, Hacker Brain Cipher: Kunci Kami Berikan Besok Secara Gratis

2 Juli 2024 - 17:36 WITA

Pengumuman kelompok Brain Cipher di Dark Web sebagaimana dilaporkan oleh akun riset dan monitorng Dark Web Stealthmole_int di X (twitter). (Foto: X @stealthmole_int)
Trending di Nasional