Menu

Mode Gelap

Gowa · 22 Mar 2022 17:31 WITA

Dahlan Iskan Terpukau dengan Keindahan Puncak Malino


 Dahlan Iskan Terpukau dengan Keindahan Puncak Malino Perbesar

DISWAY, Makassar – Menteri BUMN periode 2011-2014, Dahlan Iskan merasa terpukau dengan keindahan alam di Kota Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dahlan Iskan mengaku, tidak pernah terbayangkan keindahan Malino begitu memukau. Apalagi Founder Harian Disway ini baru pertama kali melihat pohon Pacco – Pacco.

Di mana Pacco – Pacco merupakan pohon berbunga yang masuk sebagai salah satu pohon berbunga terindah di Dunia. Sekaligus merupakan ciri khas Malino.

Kekaguman Dahlan Iskan ini diutarakan ketika beristirahat di Malino Food. Tempat nongkrong gaya milenial yang berada di pusat Kota Puncak Malino, Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Di tempat itu, Dahlan Iskan mencicipi minuman khas Makassar, Sarabba’. Minuman ini sangat pas disantap di Kota Malino dengan suhu cuaca cukup dingin. Di mana Kota Malino berada di ketinggian 1.200 mdpl.

“Malino jauh lebih baik dari saya bayangkan. Saya minum Sarabba di Malino Food, pas ada kabut datang. Saya di tempat lain tidak pernah melihat bunga Pacco – Pacco, ternyata ini peninggalan Belanda, ” kata Dahlan Iskan di sela lawatannya ke Malino, Selasa, 22 Maret 2022.

Dahlan Iskan berharap, keindahan alam yang dimiliki Malino tetap dilestarikan. Termasuk pohon Pacco – Pacco yang menjadi ciri khas Malino.

“Jangan sampai ciri khas ini hilang, ” harap Dahlan Iskan.

Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) ini menilai, meski keindahan alam Malino begitu memukau, jika tidak dikelola dengan baik, dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi belum tentu positif.

Sebab, kata Dahlan Iskan, pertumbuhan ekonomi terhadap destinasi wisata biasanya mengacu pada kualitas orang – orang yang berkunjung.

“Itu tergantung pertumbuhan ekonomi, karena kalau daerahnya miskin, daerah wisatanya rusak. Pinggir – pinggir jalan banyak bangunan liar, kualitas orang yang datang tidak mampu berbelanja banyak, ” katanya.

Sebaliknya, jika salah satu destinasi wisata kebanggaan Kabupaten Gowa ini pengelolaannya dioptimalkan, mulai dari infrastruktur, penginapan hingga kebersihannya. Tidak menutup kemungkinan makin banyak pelancong lokal maupun nasional akan berkunjung ke tempat itu.

” Tetapi kalau daerah ini nanti tambah makmur, Malino akan tambah hebat. Karena semakin banyak orang yang datang. Dan orang yang datang ini punya banyak uang, sehingga nanti penginapan-penginapan semakin baik, ” harapnya.

Sehingga, Dahlan Iskan menitip pesan kepada Owner Malino Food sekaligus Ketua PHRI Gowa,
Muhammad Khadir untuk terus mengkampanyekan pengelolaan penginapan, restoran dan warung lesehan yang bersih di obyek Wisata Malino.

Sementara Owner Malino Food Muhammad Khadir sangat senang Dahlan Iskan sebagai salah satu Tokoh Nasional bisa berkunjung ke Malino.

“Kami sangat senang seorang tokoh Nasional berkunjung ke tempat kami, dan kebetulan saya salah satu fans beliau. Orang sukses dan sederhana sangat jarang kita temui, ” katanya.

Dengan kunjungan Dahlan Iskan ke Malino, Khadir berharap lebih banyak lagi tokoh tokoh Nasional melakukan lawatan di destinasi wisata berjuluk ‘Kota Bunga’ itu.

“Dengan demikian pariwisata kita, khususnya di Malino bisa cepat bangkit dan pulih kembali pasca pandemi, ” harapnya.

Di Malino Food, Dahlan Iskan juga diperkenalkan sejumlah makanan khas Malino, sepeti tenteng. ***

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

KPU Gowa Lantik 90 PPK Pilkada 2024

16 Mei 2024 - 23:55 WITA

Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul didampingi anggota komisioner KPU Gowa lainnya membacakan sumpah pada pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis, 16 Mei 2024.

Lolos Administrasi, 304 Calon Anggota PPK Pilkada 2024 di Gowa Ikut Tes CAT

5 Mei 2024 - 19:04 WITA

Komisioner KPU Gowa, Suardi Mansing (tengah baju putih) memantau persiapan tes tertulis sistem CAT calon anggota PPK di SMK Negeri 4 Gowa, Minggu, 5 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

KPU Resmi Tetapkan 45 Caleg Terpilih DPRD Gowa, PPP Raih Kursi Terbanyak

3 Mei 2024 - 23:57 WITA

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Gowa pada Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Gowa, Kamis 2 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Inovasi Taman Gizi dan Obat, BKB “Matahari” Rindam Wakili Gowa Untuk Lomba Tingkat Sulsel

30 April 2024 - 14:00 WITA

Rekrutmen Badan Adhoc untuk Pilkada, KPU Gowa Butuh 591 PPK-PPS

23 April 2024 - 18:59 WITA

KPU Gowa Butuh 591 PPK-PPS. (Foto: Istimewa)

Pemkab Gowa Tanam 8.000 Pohon di Hari Bumi

22 April 2024 - 16:09 WITA

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan bibit pohon kepada pimpinan camat dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia di Kawasan Danau Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Senin 22 April 2024. (Foto: Disway-Rusli)
Trending di Gowa