Menu

Mode Gelap

Bone · 5 Apr 2022 15:21 WITA

Desakan Penutupan Tambang Galian C di Cenrana Dibela Kades Naga Uleng


 Desakan Penutupan Tambang Galian C di Cenrana Dibela Kades Naga Uleng Perbesar

DISWAY, Bone – Desakan penutupan tambang galian C di Kecamatan Cenrana terus digulirkan pengurus Harian Pemuda Sompung Lolona. Hanya saja Kepala Desa Uleng Naga, Hamsah terkesan memberikan pembelaan.

Perbedaan pendapat antara Pemuda Sompung Lolona Cenrana dan Kepala Desa Naga Uleng terkait tambang galian C terjadi dalam audiens bersama pihak terkait, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bone, Kadis PSDA , Kadis BPBD Bone serta dihadiri Kapolres Bone, AKBP Ardiansyah.

Kesempatan itu, Pengurus Harian Pemuda Sompung Lolona Cenrana meminta dengan tegas kepada pihak terkait untuk menutup semua aktivitas tambang galian C di Kecamatan Cenrana. Dengan alasan menyebabkan terjadinya kerusakan jalan.

” Kami hanya berharap agar pemerintah dan pihak terkait untuk menindak tegas tambang galian c yang ada di Cenrana, karena merupakan salah satu penyebab utama kerusakan jalan, ” tegas Irham, salah satu perwakilan pemuda Cenrana .

Sontak desakan itu mendapat reaksi Kepala Desa Naga Uleng, Hamsah. Dia dengan tegas meminta agar permintaan untuk penutupan tambang tersebut dipertimbangkan. Dengan alasan bahwa tambang tersebut merupakan kebutuhan pokok desa dan salah satu sumber mata pencaharian utama bagi beberapa masyarakatnya.

” Saya setuju jika adek-adek saya mendesak perbaikan jalan. Tetapi saya kurang setuju dan meminta dipertimbangkan serta mencarikan solusinya untuk menutup tambang galian c ini. Karena ini soal kebutuhan hidup sebahagian warga saya,” ungkap Hamsah .

Menanggapi ini, Kapolres Bone AKBP Ardiansyah menuturkan, terkait tambang galian C di Cenrana pihaknya siap untuk melakukan penutupan. Namun beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan oleh semua pihak, selain mengedepankan aturan soal belum terbitnya regulasi soal pertambangan .

“Ada beberapa hal yang harus dipikirkan terkait sola penutupan tambang galian C di Bone. Hari ini pun kami bisa tutup, tetapi banyak pertimbangan yang harus dipikirkan saat ini, terkait soal kebutuhan dan kemanusiaan,” tandasnya. ***

( Subaer)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Sosok A. Islamuddin Dimata Tokoh Agama dan Masyarakat Bone

19 Mei 2024 - 10:19 WITA

Masyarakat Nilai Hanya 3 Nama Calon Bupati Yang Tepat Bisa Pimpin Bone, Nama Yasir Mahmud Tidak Direkeng

17 Mei 2024 - 11:57 WITA

Masyarakat Unggulkan Andi Islamuddin dan Andi Syamsiar Halid Berpasangan di Pilkada Bone 

13 Mei 2024 - 21:37 WITA

Tak Ada Pendaftar Calon Perseorangan di Pilkada Bone, Balon Bupati Masih Saling Kejar Dukungan Partai

13 Mei 2024 - 10:37 WITA

Setelah Seleksi PPK, KPU Bone Bakal Seleksi Metode CAT PPS, Gunakan 40 Sekolah

8 Mei 2024 - 20:23 WITA

KPUD Bone Tetapkan Jumlah Kursi Parpol dan Anggota DPRD Terpilih

3 Mei 2024 - 16:33 WITA

Trending di Bone