Menu

Mode Gelap

SULSEL · 12 Mar 2022 14:06 WITA

Dewan Desak Pemerintah Pusat Tak Perpanjang Kontrak PT. Vale


 Dewan Desak Pemerintah Pusat Tak Perpanjang Kontrak PT. Vale Perbesar

DISWAY, MAKASSAR – Ketua Komisi D DPRD Sulawesi Selatan, Rahman Pina tidak bergeming. Ia ingin seluruh kekayaan alam Sulawesi Selatan tak lagi dikuasai asing.

“Belanda sudah lama pergi, tapi masih ada Belanda Belanda kecil yang tertinggal,” kata ketua Komisi D DPRD Sulsel Rahman Pina usai mendesak pemerintah pusat kontrak PT Vale di Sorowako tak diperpanjang, Jumat 11 Maret 2022.

Ia menegaskan, bisa memaklumi ketika 60-80 tahun lalu, potensi tambang di Indonesia dikelola perusahaan asing, seperti Freeport, Inco (sekarang Vale), karena saat itu, Indonesia tak punya SDM untuk mengelola. Meski resikonya, keuntungan yang dihasilkan dominan mengalir ke pihak asing.

“Tapi sekarang tak bisa lagi. Kita sudah surplus tenaga ahli tambang, pengusaha pengusaha lokal kita sudah piawai. Mereka bahkan juga sudah ekspansi ke luar negeri,” katanya.

Belajar dari Freeport yang sahamnya kini dikuasai mayoritas Indonesia, Rahman Pina berharap, Vale bisa dimiliki rakyat Sulsel, lewat BUMD dan pengusaha lokal.

“Jangan kita terus menerus berharap di ketiak pengusaha asing yang berusaha terus menerus ingin menguasai kekayaan alam kita,” katanya.

Jika dikelola pengusaha lokal kata RP, sapaan Rahman Pina maka keuntungan yang diperoleh oleh negara dan daerah akan jauh lebih besar.

“Keuntungan yang demikian besar itu tidak lagi mengalir ke luar negeri dan itu bisa digunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan,” ujar politisi Golkar itu.

Diketahui, kontrak kerja PT Vale akan berakhir pada 2025. Jika tak diperpanjang, maka perusahaan asal Brazil itu akan segera meninggakan Sulawesi Selatan setelah 50 tahun lebih beroperasi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Dosen Farmasi UNISMUH Gelar Penyuluhan Pengetahuan dan Kewaspadaan Penggunaan Obat Kepada Masyarakat

30 Januari 2024 - 12:35 WITA

Pj Gubernur Sulsel Beri Bantuan Peralatan Pelaku UMKM di Lutim

5 Januari 2024 - 09:05 WITA

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin memberikan bantuan peralatan ke pelaku UMKM Luwu Timur, Kamis 4 Januari 2024. (Foto: Humas Pemprov)

Pj Gubernur Sulsel Ingin Jadikan Luwu Timur Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru Sulsel

5 Januari 2024 - 08:56 WITA

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, punya mimpi besar menjadikan Kabupaten Luwu Timur sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru. (Foto: Humas Pemprov)

BBM Langka Jelang Nataru

18 Desember 2023 - 13:25 WITA

Kendaraan roda empat mengisi bahan bakar minya (BBM) di SPBU Jalan Satulangi, Minggu 17 Desember 2023. (Foto: Disway-Hasrul)

Polemik ASN NonJob/Demosi Era ASS, Surat BKN Sampai ke Pemprov Sulsel

8 Desember 2023 - 18:16 WITA

Deputi Menko Marves Siap Support Kebutuhan Listrik Huadi Group

3 November 2023 - 21:42 WITA

Trending di SULSEL