Menu

Mode Gelap

Ekobis · 13 Jun 2022 15:25 WITA

Dilayani Tokopedia, Strategi Hyperlocal GoTo Optimalkan Pertumbuhan Bisnis


 Dilayani Tokopedia, Strategi Hyperlocal GoTo Optimalkan Pertumbuhan Bisnis Perbesar

DISWAY – PT Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) terus mempercepat integrasi dan optimalisasi bisnis di dalam ekosistemnya. Berbagai strategi dan inisiatif terus dikembangkan untuk memaksimalkan potensi ekonomi dengan melibatkan jutaan mitra dan puluhan juta konsumen loyal di dalam ekosistem tersebut.

Gudang pintar ‘Dilayani Tokopedia’, menjadi salah satu produk layanan inovatif yang saat ini terbukti mampu mendorong transaksi para mitra Tokopedia, salah satu pilar utama GoTo.

Lewat ‘Dilayani Tokopedia’ para mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu menangani berbagai tantangan usaha mereka. Seperti dashbor yang memberikan wawasan pasar dan meningkatkan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.

Dewi Meisari Haryanti dari UKM Indonesia menilai keberadaan ‘Dilayani Tokopedia’ merupakan strategi hyperlocal untuk meningkatkan sinergi ekosistem dan mendukung pertumbuhan bisnis.

Dengan adanya strategi hyperlocal ini, konsumen bisa mendapatkan barang dari lokasi atau penjual terdekat secara cepat dan efisien. Lebih jauh, Dewi mengungkapkan bahwa langkah ini sangat tepat dan positif. Tidak hanya bagi perusahaan, melainkan juga berdampak langsung terhadap ekonomi lokal dan secara umum.

“Inti strategi Hyperlocal ini adalah mampu meningkatkan kenyamanan konsumen untuk berbelanja. Agar kenyamanan itu meningkat, delivery harus cepat, ongkos kirim lebih murah. Jadi saya rasa, distribution point Dilayani Tokopedia ini harus diperbanyak,” kata Dewi melalui keterangannya, Senin, 13 Juni 2022.

Gudang pintar ‘Dilayani Tokopedia’ ini memungkinkan penjual di Tokopedia untuk menjangkau lebih banyak pembeli secara efisien dengan menyimpan stok produk di beberapa gudang pintar yang tersebar di berbagai daerah, terutama di wilayah-wilayah dengan permintaan produk yang tinggi. Dengan begitu, penjual juga dapat terbantu dalam mengelola operasional pemenuhan pesanan, terlebih ketika terdapat lonjakan permintaan.

‘Dilayani Tokopedia’, lanjut Dewi, juga menjadi langkah solutif Tokopedia untuk mengatasi permasalahan mata rantai pasok perekonomian Indonesia. Pasalnya, selama ini rantai pasok perekonomian cukup mahal. Karena itu, adanya sistem gudang pintar Dilayani Tokopedia ini sangat membantu UMKM dan dampaknya bagi perekonomian sangat positif.

Selain itu, seller dapat menjangkau dan melayani konsumen dari berbagai pelosok Indonesia tanpa harus membuka cabang di kota lain. Kegiatan operasional untuk penjualan juga menjadi lebih sederhana.

“Dengan adanya Dilayani Tokopedia ini, UMKM-UMKM kecil bisa nitip produk mereka di gudang sekaligus end to end, karena mereka akan dibantu mulai dari penerimaan order, pengemasan, pengiriman barang ke customer hingga masalah komplain. Hebatnya lagi, harga untuk bisa mengikuti program ini sangat murah dan terjangkau oleh UMKM,” ujar Dewi.

‘Dilayani Tokopedia’ juga membebaskan biaya layanan untuk penjual di 30 hari pertama sejak bergabung dengan Dilayani Tokopedia. Informasi serta rincian biaya dari Dilayani Tokopedia juga tercantum di halaman https://seller.tokopedia.com/edu/layanan-dilayani-tokopedia/.

Strategi hyperlocal ini juga menghadirkan integrasi bisnis yang makin solid di antara pilar bisnis GOTO. Para seller di Tokopedia dalam proses pengiriman barangnya dapat menggunakan mitra driver gojek. Dengan sistem ini, para mitra driver di sekitar distribution point bisa mendapat lebih banyak orderan untuk mempercepat pengiriman barang ke konsumen. Sehingga potensi penghasilannya juga ikut bertambah.

Layanan gudang pintar yang diluncurkan sejak tahun 2019 dan bertransformasi menjadi Dilayani Tokopedia pada 18 Maret 2022 lalu ini sudah tersedia di berbagai wilayah Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Layanan ini memberikan garansi barang tiba maksimal empat jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran.

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibanding kuartal I 2021,” ungkap Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

Dilayani Tokopedia juga membuat masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien dalam berbelanja. Di kuartal I 2022, pengiriman barang tercepat melalui Dilayani Tokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli. Data internal Mei 2022 menunjukkan bahwa transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelum menggunakan layanan ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya Dilayani Tokopedia ini semakin banyak UMKM yang yang bisa tumbuh menjadi usaha besar baru dan menyerap banyak tenaga kerja,” pungkas Dewi.***

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Skena Beri Dukungan ke UMKM, Ramadhan Jadi Kreatif dan Syar’i

1 Maret 2024 - 17:31 WITA

Jelang Ramadhan, Skena beri dukungan ke UMKM. (Foto: Istimewa)

Jelang Ramadan Maybank Kenalkan MySWM di Makassar

29 Februari 2024 - 23:04 WITA

Maybank Kenalkan MySWM di Makassar. (Foto: Istimewa)

Bulan K3 Nasional, PT Semen Tonasa Selenggarakan Lomba Tanggap Darurat

29 Februari 2024 - 22:49 WITA

PT Semen Tonasa gelar lomba Pertolongan Pertama pada Korban Patah Kaki dan Leher di depan CCR Tonasa V, Selasa 27 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Partisipasi Pembangunan Daerah, PT Semen Tonasa Raih Penghargaan dari Pemkab Pangkep

29 Februari 2024 - 22:36 WITA

PT Semen Tonasa raih penghargaan dari Pemkab Pangkep pada acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di Gedung DPRD Pangkep, Rabu 28 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Transformasi Industri 4.0, PT Semen Tonasa Raih Penghargaan dari Kemenperin

24 Februari 2024 - 08:40 WITA

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada PT Semen Tonasa sebagai National Lighthouse Industri 4.0 tahun 2024 bersama 14 perusahaan lainnya. (Foto: Istimewa)

Bulan K3, 32 Tim Perwakilan Perusahaan Ikuti Kejuaraan Badminton di Gedung Olahraga PT Semen Tonasa

23 Februari 2024 - 18:54 WITA

Pembukaan kegiatan penekanan tombol sirine oleh Moch. Alfin Zaini Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan serta beberapa stakeholder lainnya, Selasa 23 Januari 2024. (Foto: Istimewa)
Trending di Ekobis