Menu

Mode Gelap

METRO · 6 Mar 2022 11:42 WITA

Dinamika Pemilihan Ketua IKA Unhas


 Dinamika Pemilihan Ketua IKA Unhas Perbesar

DISWAY, Makassar – Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Makassar penuh dengan dinamika. Awalnya ada tiga calon yang bertarung untuk menggantikan posisi mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Mereka adalah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, eks Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Haedar Abdul Karim selaku Direktur Umum PT Nindya Karya.

Namun dalam proses pemilihan Ketua IKA Unhas yang menggunakan metode contreng tersebut hanya menyisakan dua calon. Di mana Syahrul Yasin Limpo menarik pencalonannya, meski namanya masih tertera di kertas suara.

Kabarnya Syahrul Yasin Limpo mencabut pencalonannya sebagai Ketua IKA, lantaran tidak bisa hadir di lokasi Mubes yang berlangsung di ballroom Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Sabtu, 5 Maret 2022.

Meski rapat pleno Mubes IKA Unhas sudah diskorsing sebanyak tiga kali. Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini baru hadir ketika proses pemungutan suara rampung.

Syahrul Yasin Limpo nampak hadir di penghujung acara, dia mengikuti penutupan dan ramah tamah Mubes IKA Unhas 2022.

Mubes IKA ini dihadiri sejumlah tokoh, mulai dari mantan Wapres Jusuf Kalla, Rektor Unhas petahana Dwia Aries Tina Pulubuhu serta Rektor Unhas terpilih Jamaluddin Jompa.

Dalam Mubes tersebut, Andi Amran Sulaiman terpilih sebagai nahkoda baru IKA Unhas Periode 2022-2026. Amran menggantikan Jusuf Kalla yang sebelumnya menjabat selama 25 tahun.

Dalam proses pemungutan suara, kakak kandung Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini berhasil mengantongi 82 suara dari total 125.

Amran unggul atas Haedar Abdul Karim. Di mana Ketua IKA Teknik Unhas itu hanya meraup 43 suara. Proses voting sendiri berjalan lancar, dan diikuti oleh 34 perwakilan.

Dalam pidato kemenangannya, Andi Amran Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada sesama kontestan pemilihan dan seluruh pejabat teras Kampus Merah tersebut.

Di hadapan para peserta Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unhas, Amran mmenyatakan kesiapan memimpin organisasi selama lima tahun ke depan.

“Ini adalah pengabdian. Insyaallah kita akan melakukan yang terbaik untuk IKA Unhas dan juga nusa-bangsa yang kita cintai,” katanya disambut tepuk tangan para anggota IKA Unhas yang hadir.

Tak tanggung – tanggung, setelah terpilih sebagai Ketua IKA Unhas, Amran Sulaiman langsung memiliki sekretariat sendiri. Tepatnya di Lantai 13 kantor AAS Building Jalan Urip Sumoharjo Makassar.

“Mulai besok bisa ditempati untuk ngumpul dan sharing,” ucap akademisi kelahiran Bone tersebut.

Informasi yang didapatkan, Syahrul Yasin Limpo sebagai kandidat terkuat di Mubes IKA Unhas tersebut tidak bisa hadir tepat waktu. Lantaran melakukan perjalanan dari Aceh.***

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Camat Mariso Rakor dengan PPK Wujudkan Pilkada Damai

22 Mei 2024 - 12:52 WITA

Camat Mariso Dorong Kerjasama Kamtibmas Sukseskan Program Longwis

20 Mei 2024 - 12:39 WITA

DSI Gelar Wisuda ke-47, Siap Menuju Kapal Pesiar Internasional

16 Mei 2024 - 20:51 WITA

Camat Mariso Lakukan Pengecekan Petugas Kebersihan

7 Mei 2024 - 20:26 WITA

Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi

6 Mei 2024 - 19:46 WITA

Perpres 60 Tahun 2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM dan Kesejahteraan Pekerja

29 April 2024 - 21:57 WITA

Trending di METRO