Menu

Mode Gelap

METRO · 20 Mei 2022 22:33 WITA

Dukcapil Makassar Gaungkan “Weekend Service” Layani Warga Setiap Sabtu-Minggu


 Dukcapil Makassar Gaungkan “Weekend Service” Layani Warga Setiap Sabtu-Minggu Perbesar

DISWAY, Makassar – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, membuka layanan Weekend Service (Program Layanan Akhir Pekan) di hari Sabtu dan Minggu Mulai besok Sabtu 21 Mei 2022.

“Mulai tanggal 21 Mei, juga setiap akhir pekan kedepannya kami dari Disdukcapil Makassar akan meluncurkan layanan weekend service,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Muh Hatim, Jumat (20/5/2022).

Dimana dalam program ini, pihak Dukcapil Makassar tetap membuka layanan diluar hari kerja, yaitu hari Sabtu-Minggu diaaat libur.

Sedianya, program Weekend Service dimaksudkan untuk percepatan layanan prima untuk semua kebutuhan tertentu serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu pada hari kerja.

“Jadi, weekend service ini adalah layanan yang nantinya tetap memberikan layanan kemudahan kepada masyarakat kota Makasar pada saat hari libur, bisa mengurus semua jenis keperluan,” jelasnya.

Dikatakan, upaya ini juga diharapkan mampu untuk melayani kebutuhan masyarakat disaat membutuhkan keperluan dadakan baik emergency maupun hal berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Namun layanan Sabtu-Minggu ini hanya diperuntukkan di kantor Dukcapil kota Makasar, mulai pagi hingga siang. Layanan di kantor Kecamatan akan di alihkan di sini dengan catatan kantor Kecamatan tertutup untuk layanan Sabtu-Minggu.

“Tentu, kita alihkan semua layanan ke Dinas Kependudukan dan clCatatan Sipil, dengan membuka segala jenis layanan dokumen kependudukan,” tutur Hatim.

Surat tugasnya tim siap belerja sudah di tandatangani. Jadi bagi masyarakat Makassar yang membutuhkan layanan khususnya di hari Sabtu Minggu dapat langsung ke kantor Dukcapil kota Makasar ataupun dapat melalui website yang sudah tersedia agar lebih nyaman.

Salah satu alasan dibuka layanan Sabtu-Minggu karena terkadang ada juga masyarakat yang berhalangan ketika hari kerja, utamanya mereka yang kerja kantoran.

Lanjut dia, mereka (masyarakat) tidak memiliki waktu untuk mengurus layanan dokumennya pada saat jam kerja karena kesibukan mereka di kantor, oleh karena itu kami buka layanan pada hari Sabtu-Minggu.

“Dan juga terkadang pada hari Sabtu-Minggu itu juga BPJS buka. kadang ada urusan urgen yang sifatnya penting terkait pelayanan di rumah sakit, atau layanan kesehatan lainnya yang sifatnya urgen sehingga dia membutuhkan layanan kependudukan padahal hari Sabtu atau Minggu. Atas dasar inilah kami meluncurkan program yaitu layanan weekend service,” terangnya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Camat Mariso Rakor dengan PPK Wujudkan Pilkada Damai

22 Mei 2024 - 12:52 WITA

Camat Mariso Dorong Kerjasama Kamtibmas Sukseskan Program Longwis

20 Mei 2024 - 12:39 WITA

DSI Gelar Wisuda ke-47, Siap Menuju Kapal Pesiar Internasional

16 Mei 2024 - 20:51 WITA

Camat Mariso Lakukan Pengecekan Petugas Kebersihan

7 Mei 2024 - 20:26 WITA

Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi

6 Mei 2024 - 19:46 WITA

Perpres 60 Tahun 2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM dan Kesejahteraan Pekerja

29 April 2024 - 21:57 WITA

Trending di METRO