Menu

Mode Gelap

Bone · 28 Mar 2022 06:41 WITA

Gegara ‘Baki’ Benda Pusaka, Bissu Tidak Dilibatkan dalam Prosesi Mattompang


 Gegara ‘Baki’ Benda Pusaka, Bissu Tidak Dilibatkan dalam Prosesi Mattompang Perbesar

DISWAY,Bone – Prosesi Mattompang atau pembersihan Benda Pusaka dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bone ( HJB) ke 692 yang berlangsung Senin ( 28/3) akan berbeda dengan acara – acara sebelumnya.

Pasalnya, Bissu (orang suci) tidak terlibat dalam prosesi tersebut dikarenakan mengundurkan diri dari perhelatan acara sakral itu. Dari keterangan yang dihimpun, para Bissu mengundurkan diri karena tidak diberikan kewenangan untuk membawa baki yang berisi benda pusaka.

Kabarnya para Bissu mengundurkan diri dikarenakan adanya permintaan untuk membawa baki yang berisi benda pusaka ditolak oleh panitia HJB. Di mana pihak panitia sudah menunjuk pihak tertentu untuk melakukan ritual itu yakni para purna paskibraka Bone.

Padahal di tahun – tahun sebelumnya, Bissu kerap dilibatkan dalam prosesi Mattompang dan ditunjuk untuk membawa baki benda pusaka.

” Bukan kami yang menolak atau tidak melibatkan tetapi mereka (Bissu) yang mengundurkan diri ” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone,A. Ansar Amal, Minggu, 27 Maret 2022.

A. Ansar Amal mengaku, pihak panitia beberapa kali melakukan pertemuan dengan para Bissu. Namun Bissu tetap ngotot untuk membawa baki yang berisikan benda pusaka tapi itu tak dipenuhi.

” Mereka mengundurkan diri karena tetap ngotot untuk bisa membawa baki, sementara panitia sudah menunjuk pembawa baki dalam acara proses mattompang nantinya, ” jelasnya .

Sementara A.Ansar Amal beralasan panitia menunjuk purna paskibraka sebagai pembawa baki, dikarenakan pemuda -pemuda tersebut adalah generasi kebanggaan Bone.

“Seperti halnya dalam ritual pembersihan Benda pusaka milik raja Bone yang dikenal sangat pemberani yakni Raja Arung Palakka,” pungkasnya.***

(Subaer)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Sosok A. Islamuddin Dimata Tokoh Agama dan Masyarakat Bone

19 Mei 2024 - 10:19 WITA

Masyarakat Nilai Hanya 3 Nama Calon Bupati Yang Tepat Bisa Pimpin Bone, Nama Yasir Mahmud Tidak Direkeng

17 Mei 2024 - 11:57 WITA

Masyarakat Unggulkan Andi Islamuddin dan Andi Syamsiar Halid Berpasangan di Pilkada Bone 

13 Mei 2024 - 21:37 WITA

Tak Ada Pendaftar Calon Perseorangan di Pilkada Bone, Balon Bupati Masih Saling Kejar Dukungan Partai

13 Mei 2024 - 10:37 WITA

Setelah Seleksi PPK, KPU Bone Bakal Seleksi Metode CAT PPS, Gunakan 40 Sekolah

8 Mei 2024 - 20:23 WITA

KPUD Bone Tetapkan Jumlah Kursi Parpol dan Anggota DPRD Terpilih

3 Mei 2024 - 16:33 WITA

Trending di Bone