Menu

Mode Gelap

Takalar · 13 Feb 2022 14:10 WITA

Hadirkan Tiga Mentor Akselerasi UMKM, Syamsari: Kita Harus Pintar Manfaatkan Peluang Bisnis


 Hadirkan Tiga Mentor Akselerasi UMKM, Syamsari: Kita Harus Pintar Manfaatkan Peluang Bisnis Perbesar

diswaysulsel.com, TAKALAR — Kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu perhatian Pemkab Takalar. Di antaranya, dengan menghadirkan tiga mentoring dan coaching dalam kegiatan akselerasi UMKM, Minggu (13/2/2022).

Di pembukaan kegiatan yang digagas Pemkab Takalar bersama Institut Teknologi Pertanian (ITP) dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Aula Rumah Makan D’Luna Kecamatan Polut itu, Bupati Takalar menyampaikan, perlu strategi tersendiri dalam memajukan UMKM.

“Kita harus pintar-pintar memanfaatkan peluang bisnis dan memulainya dengan keinginan dan jiwa usaha kreatifitas dalam memajukan usaha,” ujar dia.

“Dengan pengolahan yang bagus dapat menciptakan pasar baru dan setelah kita memproduksi suatu produk, pemasaran menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha kita,” imbuhnya.

Syamsari juga menyampaikan, dalam membuat sebuah usaha dibutuhkan ide dan inovasi yang matang. Dikatakan, perlu pengetahuan yang cukup sehingga mampu mengolah satu jenis bahan baku makanan menjadi beberapa menu makanan yang memiliki nilai jual tinggi.

“Kita lakukan bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai berhasil dengan harapan bisa mencetak UMKM baru dan menjadi wadah untuk bisa meningkatkan bisnis atau usaha yang dijalani. Dan bagi UMKM yang berhasil menjalankan usahanya akan dilakukan wisuda setelah menjalankan usahanya selama empat bulan” tutup bupati.

Sementara itu, Budi Prasetya selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pelatihan kelas ketiga, dimana sebelumnya dilaksanakan di Kab. Pinrang dan Kota Makassar dengan tujuan UMKM dapat mendongkrak negara kita yang bisa menjadi penopang dimasa pandemi saat ini. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari para pelaku usaha di Kab. Takalar.

Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penandatangan MoU antara ITP dengan Lunar Academy tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan skill, sosial kemanusiaan dan pengabdian kepada masyarakat.

Juga melakukan promosi untuk mendorong pengembangan ITP dan penandatanganan MoU antara Pemkab Takalar dengan ICMI tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pendampingan dan bimtek UMKM dan mendorong pengembangan ITP serta penandatanganan MoU antara Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kab. Takalar dengan ITP terkait penyusunan naskah akademik Draf Ranperda UMKM dan pendampingan pelatihan UMKM di Takalar.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pj Bupati Takalar Terima Rombongan Kafilah MTQ ke-33 Tingkat Provinsi Sulsel

30 April 2024 - 17:11 WITA

Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, didampingi Pj Ketua TP PKK Takalar Sri Astuti Thamrin terima rombongan Kafilah MTQ tingkat Prov Sulsel. (Foto: Disway-Syahril)

Pemda Takalar Rencanakan Cairkan ADD Pekan Depan

26 April 2024 - 18:14 WITA

Kadis Sosial dan PMD, Andi Rijal Mustamin. (Foto: Istimewa)

Patut Diapresiasi, Polres Takalar Rehab Rumah Lima Unit Layak Tidak Huni

24 April 2024 - 15:20 WITA

Pj Bupati Takalar Pimpin Rapat Koordinasi Lintas OPD

24 April 2024 - 15:13 WITA

Pj Bupati Takalar Pimpin Rapat Koordinasi Lintas OPD. (Foto: Disway-Syahrir)

Mencuri Alat Mesin Giling, 8 Karyawan Pabrik Gula di Takalar Dipecat dan Diproses Hukum

21 April 2024 - 18:16 WITA

8 Karyawan Pabrik Gula di Takalar dipecat dan diproses hukum. (Foto: Disway-Syahrir)

Pj Bupati Takalar Buka Musrenbang RKPD Takalar Tahun 2025

19 April 2024 - 14:39 WITA

Pj Bupati Takalar Buka Musrenbang RKPD Takalar Tahun 2025.
Trending di Takalar