Menu

Mode Gelap

Politik · 16 Mar 2022 18:11 WITA

Hanura Sulsel Optimis Mampu Melewati Verifikasi Parpol


 Hanura Sulsel Optimis Mampu Melewati Verifikasi Parpol Perbesar

DISWAY, Makassar – Amsal Sampetondok baru saja terpilih secara aklamasi menahkodai Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) DPD Partai Hanura Sulsel, Amsal mengantongi 22 dukungan dari pemilik suara sah dan memenuhi syarat 30 persen yang berlangsung di Hotel Horison, Makassar, Selasa, 15 Maret 2022.

Sekretaris DPC Hanura Sinjai, Hilal Yusuf mengemukakan, bahwa di Musdalub tersebut Purnawirawan TNI berpangkat Kolonel itu merupakan calon tunggal yang mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Secara tertulis ada 22 dukungan kepada Pak Amsal dari suara sah 24 DPC. Jadi sistem kami di Hanura one vote one delegate, ” kata Hilal melalui pesan singkat, Rabu, 16 Maret 2022.

Menurut Hilal, pelantikan Amsal Sampetondok setelah terpilih aklamasi menakhodai Hanura Sulsel akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

“Belum jadwal resmi. Tapi dalam waktu dekat ini akan dilantik, ” ungkap Hilal.

Musdalub ini merupakan yang kedua kalinya setelah digelar Oktober 2021 lalu. Otomatis dalam kurun lima bulan terakhir, konsolidasi Hanura Sulsel mandek.

Musdalub yang pertama hanya memunculkan satu calon yaitu Wahyuddin M Nur. Tapi Wahyuddin
tidak memenuhi syarat karena gagal menyetor dukungan 30 persen suara.

Musdalub kali inipun menyepakati Amsal Sampetondok memimpin DPD Hanura Sulsel. Namun ancaman kegagalan tetap menghantui Hanura Sulsel jelang verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Mengingat waktu yang singkat untuk menyolidkan kerja-kerja pengurus dan kader menjadi penyebabnya.

Meski demikian, Hilal Yusuf tetap optimis partainya mampu melewati verifikasi partai politik. Walaupun kepengurusan Hanura Sulsel di bawah komando Amsal Sampetondok baru akan dibentuk.

Apalagi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) secara resmi belum keluar. Kemudian wacana pelaksanaan verifikasi partai politik baru berlangsung Juni 2022 nanti.

“Sampai saat ini belum ada PKPU tentang verifikasi parpol. Wacana verifikasi itu nanti pada bulan Juni. Kalau pun April mulai tahapan verifikasi InsyaAllah Hanura bisa mengejar setelah pelantikan Pak Amsal, ” tukasnya.

Sebagai pengurus tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Hilal berharap, Hanura Sulsel di bawah kepemimpinan Amsal Sampetondok bisa membawa partai besutan Oesman Sapta Odang (OSO) itu sejajar dengan partai besar lainnya.

“Harapan kami dari DPC, Pak Amsal bisa membawa Hanura Sulsel sejajar dengan partai besar. Itu tertuang dalam orasi politik setelah dikukuhkan, ” tandasnya

Sebelumnya Wakil Ketua Umum DPP Hanura, M Ali Kastella menginstruksikan kepada seluruh kader di Hanura di Sulsel untuk lebih solid menyambut Pemilu 2024.

“Makanya kita tak boleh membuang waktu melakukan sesuatu yang tidak bakal membuat partai kita berkembang. Secepatnya kita akan konsolidasi organisasi untuk verifikasi faktual,” kata

Ajang Musdalub ini, kata dia, merupakan titik awal konsolidasi partainya. Dia mendorong masih cukup waktu untuk merampungkan persiapan menyongsong verifikasi faktual mendatang.

“Konsolidasi internal partai harus dilakukan dan itu waktunya sekarang. Waktunya sangat tepat untuk memilih ketua yang bisa menggerakkan partai ke tahap verifikasi faktual. Saya kira kita masih punya banyak waktu,” ucap Ali Kastella.***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Rudal Batal Maju di Pilwali,  Danny Pomanto:   Beliau Paham Peta Politik

19 Juli 2024 - 15:52 WITA

Soal Peluang Kendarai Gerindra di Pilgub, Danny: Saya Fix Kan Dulu

19 Juli 2024 - 15:48 WITA

Survei Nurani Strategic di Pilwali:  Appi   Elektabilitas Tertinggi Disusul Rudal dan Indira

19 Juli 2024 - 14:06 WITA

ININNAWA Efek, Semakin Perkuat Posisi Indira Yusuf Ismail di Pilwali Makassar

19 Juli 2024 - 08:49 WITA

Danny Terima Surat Tugas dari PPP

19 Juli 2024 - 00:02 WITA

Rudal Mundur Disebabkan Dukungan NasDem Belum Jelas?

18 Juli 2024 - 12:51 WITA

Trending di Politik