Menu

Mode Gelap

Sinjai · 7 Mei 2022 07:14 WITA

Jadi Pemateri Dalam Dialog Kewirausahaan, Ardiansyah: Sinjai Butuh Minimal 2 Persen Profesi Pengusaha


 Jadi Pemateri Dalam Dialog Kewirausahaan, Ardiansyah: Sinjai Butuh Minimal 2 Persen Profesi Pengusaha Perbesar

DISWAY, Sinjai – Anggota DPRD Sinjai dari Fraksi Partai Gerindra Ardiansyah Haris menjadi pemateri pada dialog kewirausahaan yang dilaksanakan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMEA/SMK 1 Sinjai bertemakan “Membangun Karakter Jiwa Usaha yang Berinovasi dalam Persaingan Global” di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat, 6 Mei 2022.

Dialog kewirausahaan tersebut digelar merupakan rangkaian acara reuni akbar kilau gemilang 56 tahun IKA SMEA/SMK 1 Sinjai, mengangkat tema “Menyatukan 55 Simpul Alumni untuk Merawat Ingatan, Menjaga Ikatan dalam Satu Momen”.

Ardiansyah mengatakan, untuk menjadi daerah atau negara yang maju, minimal 4 persen jumlah pengusaha dalam populasinya (standar internasional).

Sedangkan, untuk Kabupaten Sinjai menurut Ardiansyah hanya butuh minimal 2 persen profesi pengusaha, angka psikologis dari kajian David Mc Clelland, seorang Sosiolog dalam bukunya “The Achieving Society (Van Nostrand, 1961), menulis bahwa suatu negara/daerah bisa makmur apabila minimal 2 persen dari jumlah penduduknya menjadi pengusaha.

“Harapan saya sebagai kapasitas ketua BPC Hipmi Sinjai di acara dialog wirausaha IKA SMKN 1 Sinjai, SMKN 1 Sinjai sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menjadi pioneer dalam mencetak lulusan berSkill kongkrit dalam bidang masing-masing sesuai passionnya, siap kerja dan memilih profesi wirausaha muda, serta bermanfaat bagi sekitar, terutama roda perekonomian di kabupaten sinjai,” ucap Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sinjai itu.

Ardiansyah menambahkan, apresiasi untuk IKA SMK 1 Sinjai membuat acara FGD (Forum Group Discussion) dan mengambil tema Wirausaha, Awareness (sadar) akan pentingnya berwirausaha di masa sulit saat ini, masa krisis atau turbelens diakibatkan masa pandemi covid-19.

“Kedepannya, era disrupsi (pergeseran platform) kian gencar merubah tatanan ekonomi, banyak kesempatan atau lapangan pekerjaan yang bakal tergantikan oleh sistem digital atau robotic, serta sistem metaverse (virtual 3D),” pungkasnya.

Turut menjadi pemateri pada kegiatan tersebut, antara lain Direktur PDAM Sinjai yang juga Ketua IKA SMKN 1 Sinjai, Nasrullah Mustamin, anggota DPRD Sulsel A. Muhtar Mappatoba, serta Praktisi, Musaddaq.***

Penulis: Andi Irfan

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

MTQ ke 43 Kabupaten Sinjai Resmi Ditutup, Pj Bupati Sinjai: Ini Bukan Hanya Ajang Perlombaan

2 Maret 2024 - 22:00 WITA

Massa Ricuh Dengan Petugas Depan Kantor KPU Sinjai, Puluhan Senjata Tajam dan Bom Molotov Diamankan

2 Maret 2024 - 14:38 WITA

Musrenbang RKPD di Kecamatan Sinjai Tengah, Ini Penegasan Sekda

1 Maret 2024 - 15:21 WITA

Pj. Bupati Sinjai Tantang Petani Buah di Tellulimpoe Hasilkan Komoditi Unggulan

29 Februari 2024 - 22:10 WITA

Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Dimulai, Ketua KPU Sinjai: Target Selesai 3 Hari

29 Februari 2024 - 21:34 WITA

Napak Tilas Perjanjian Topekkong di HUT Sinjai ke-460 Tahun

28 Februari 2024 - 11:58 WITA

Trending di Berita