Menu

Mode Gelap

Gowa · 1 Apr 2022 09:58 WITA

Jelang Ramadhan, Harga dan Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Gowa Aman


 Jelang Ramadhan, Harga dan Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Gowa Aman Perbesar

DISWAY, Gowa -Jelang bulan suci Ramadhan, harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional, minimarket, distributor dan agen di wilayah Kabupaten Gowa dipastikan aman dan terkendali.

Hal ini berdasarkan hasil pemantauan langsung Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa di beberapa pasar, minimarket dan distributor dan agen di wilayah Kabupaten Gowa, Kamis, 31 Maret 2022.

“Setelah kita melakukan pemantauan, Alhamdulillah pada prinsipnya H-2 sebelum Ramadhan tidak ada pergerakan harga yang signifikan,” kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Akbar Mu’in.

Dirinya menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) pasar yang menjadi lokasi pemantauan, yaitu Pasar Induk Minasamaupa, Pasar Sentral Sungguminasa dan Pasar Bu’rung-Bu’rung di Kecamatan Pattallassang serta sejumlah distributor dan agen terigu, gula, minyak dan gas LPG. Sedangkan untuk minimarket dilakukan di wilayah Kecamatan Somba Opu dan Pallangga.

“Pada prinsipnya harga-harga masih tetap sama dengan minggu lalu. Kita berharap mudah-mudahan setelah memasuki Ramadhan bahkan hingga Idul Fitri harga ini tetap. Walaupun ada pergerakan harga kita berharap masih dalam batas kewajaran,” ungkapnya.

Begitu pun stok kebutuhan pokok yang ada di agen-agen, sampai saat ini tersedia, seperti gula, terigu, dan tabung gas elpiji. Begitupun dengan minyak goreng yang akhir-akhir ini dikeluhkan masyarakat.

“Minyak goreng pada prinsipnya sudah tersedia, para penjual tidak lagi kesusahan mendapatkan stok minyak seperti sebelumnya, tapi hanya memang harganya yang meningkat karena adanya pencabutan subsidi,” ungkapnya.

Selainnya mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan pokok, Akbar Mu’in juga menyebutkan pada kesempatan ini, tiga tim yang turun juga mengecek tanggal kadaluarsa sejumlah kebutuhan pokok di minimarket. Dirinya berharap semua kebutuhan pokok yang dikonsumsi masyarakat khususnya selama Ramadhan aman.

“Namun alhamdulillah berdasarkan laporan dari tim yang turun di minimarket, mereka tidak menemukan barang yang kadaluarsa. Pengalaman tahun lalu di minimarket banyak barang-barang yang sudah kadaluarsa masih dipajang. Padahal untuk kesehatan Itu sangat berbahaya,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni yang sebelumnya melepas TPID Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa berharap harga dan ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan bahkan hingga Idul Fitri tetap terjaga.

“Kita berharap harga dan stok kebutuhan pokok untuk masyarakat di Kabupaten Gowa ini khususnya jelang Ramadhan atau selama bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri tetap terkendali baik dari segi harga maupun ketersediaannya,” harapnya.

Olehnya itu, dirinya meminta TPID Kabupaten Gowa untuk terus melakukan pemantauan harga dan segera melakukan antisipasi jika terjadi gejolak lonjakan harga.

“Sehingga konsumen miskin bisa menjangkau bahak pangan dengan harga terjangkau. Dan lakukan koordinasi dan kerjasama antar daerah dengan BUMN seperti Perum Bulog untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan dalam pemenuhan akses dan distribusi pangan,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo dan Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani, dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang tergabung dalam TPID Kabupaten Gowa.***

(Rus)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Predikat Informatif, Bawaslu Kabupaten Gowa Jaga Transparansi Keterbukaan Informasi Publik

15 Juni 2024 - 11:53 WITA

Bawaslu Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Predikat Informatif. (Foto: Istimewa)

Pencuri Motor Marak di Kecamatan Parangloe, Warga Minta Polisi Bekerja

1 Juni 2024 - 12:08 WITA

Motor CRF warna biru yang disimpan di teras rumah digasak maling, Sabtu (1/6/2024).

KPU Gowa Gelar Tes Wawancara Calon PPS di Kecamatan Parangloe, Diikuti 25 Peserta

23 Mei 2024 - 18:39 WITA

Komisioner KPU Gowa, dr Suardi Mansing (tengah baju putih) foto bersama dengan PPK Parangloe dan calon PPS disela tes wawancara di sekretariat PPK Parangloe, Kamis (23/5/2024).

KPU Gowa Lantik 90 PPK Pilkada 2024

16 Mei 2024 - 23:55 WITA

Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul didampingi anggota komisioner KPU Gowa lainnya membacakan sumpah pada pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis, 16 Mei 2024.

Lolos Administrasi, 304 Calon Anggota PPK Pilkada 2024 di Gowa Ikut Tes CAT

5 Mei 2024 - 19:04 WITA

Komisioner KPU Gowa, Suardi Mansing (tengah baju putih) memantau persiapan tes tertulis sistem CAT calon anggota PPK di SMK Negeri 4 Gowa, Minggu, 5 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

KPU Resmi Tetapkan 45 Caleg Terpilih DPRD Gowa, PPP Raih Kursi Terbanyak

3 Mei 2024 - 23:57 WITA

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Gowa pada Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Gowa, Kamis 2 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)
Trending di Gowa