Menu

Mode Gelap

Ekobis · 10 Apr 2022 23:49 WITA

KADIN Bone Mulai Canangkan Pembentukan Klinik Bisnis UMKM


 KADIN Bone Mulai Canangkan Pembentukan Klinik Bisnis UMKM Perbesar

DISWAY, Bone – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bone mewacanakan pembentukan Klinik Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ketua Umum KADIN Bone, dr. Cheriany Kaddas mengatakan, pemberdayaan dan pengembangan (UMKM) menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga keuangan bank dan non bank serta pelaku usaha dan masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia, Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemberdayaan berbasis kearifan lokal untuk penguatan ekonomi, perlu dibentuk Klinik Bisnis dan Lembaga Penjamin Pembiayaan untuk percepat perkembangan UMKM.

Klinik ini nantinya berfungsi untuk memberikan pembelajaran dalam mengatasi problem di bidang usaha, pengembangan produk, membangun kemitraan, menuju penguatan kelembagaan dan kesinambungan usaha.

“Karena fungsinya banyak, bentuk layanannya bisa dikelompokan. Yakni layanan konsultasi bisnis, layanan informasi bisnis, layanan pendampingan bisnis dan layanan pelatihan bisnis,” kata Cheriany Kaddas, Minggu, 10 April 2022.

Dia menyebutkan, layanan yang diberikan berupa menyediakan pendampingan mengurus proses kredit diperbankan, mengurus merk / HAKI dan pembenaahan pengelolaan usaha.

Senada, Ketua Tim 9 KADIN, Alfin menambahkan, keberadaan klinik bisnis UMKM ini akan sangat membantu pelaku UMKM khususnya pemula. Karena sasarannya cukup jelas dalam membantu rintisan kegiatan usaha .

” Kami yakin jika klinik bisni UMKM ini akan sangat membantu para pemula pelaku UMKM yang ada di Bone khususnya,” pungkas Alfin. ***

( Subaer)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Hadirkan Lingkungan Kerja yang Aman dan Aman, PT Semen Tonasa Adakan Safety Observation Tour

10 Mei 2024 - 20:43 WITA

Manajemen Semen Tonasa beserta 50-an karyawan-karyawati yang berasal dari Kantor Pusat maupun Plant Site, bersama-sama melaksanakan Genba - Safety Observation Tour (SOT) di area Kantor Pusat PT Semen Tonasa. (Foto: Istimewa)

Praktis! Kini Bayar Pajak Kendaraan Bermotor dan Iuran Wajib Bisa Lewat Bank Mandiri

4 Mei 2024 - 13:54 WITA

PT Bank mandiri lakukan penandatanganan kerjasama dengan Bapenda Provinsi Sulawesi Selatan dan Jasa Raharja di Makassa. (Foto: Istimewa)

Agresif Tapi Prudent, Bank Mandiri Catat Realisasi Kredit Kuartal I 2024 Tembus Rp1.435 Triliun

30 April 2024 - 17:02 WITA

Gandeng Bank BTN dan Wahana Persada, PT Semen Tonasa Lakukan Divestasi Aset

26 April 2024 - 16:57 WITA

PT Semen Tonasa Lakukan Divestasi Aset bersama Bank BTN dan Wahana Persada. (Foto: Istimewa)

Berbagi Berkah Ramadan, AXA Mandiri Sumbangkan Sarana Pendidikan dan Literasi Keuangan ke Ponpes Al-Washiyyah

2 April 2024 - 22:10 WITA

KPPN Mencairkan Pembayaran THR ASN Pusat se Kabupaten Sinjai

1 April 2024 - 19:27 WITA

KPPN-Sinjai
Trending di Daerah