Menu

Mode Gelap

Berita · 26 Mei 2022 10:44 WITA

Konser Loka Prabha Hormati Sang Buddha


 KONSER WAISAK LOKA PRABHA. Sejumlah anak mementaskan tari 'Sambut Kelahiran Pangeran' pada konser Waisak Loka Prabha di Claro 
Hotel, Minggu (22/5). Acara puncak perayaan Trisuci Waisak ini dipersembahkan dalam bentuk seni dan budaya untuk menghormati Sang 
Buddha. (HASRUL/DISWAY) Perbesar

KONSER WAISAK LOKA PRABHA. Sejumlah anak mementaskan tari 'Sambut Kelahiran Pangeran' pada konser Waisak Loka Prabha di Claro Hotel, Minggu (22/5). Acara puncak perayaan Trisuci Waisak ini dipersembahkan dalam bentuk seni dan budaya untuk menghormati Sang Buddha. (HASRUL/DISWAY)

DISWAY, MAKASSAR – Acara puncak perayaan Trisuci Waisak 2566 BE/2022 oleh Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabuddhi) Sulsel, diisi dengan konser seni dan budaya. Konser Waisak 2022 yang mengsung tema Loka Prabha ‘The Light of The World’ ini, digelar pada Minggu, 22 Mei 2022 di Hotel Claro Makassar.

Ketua Permabuddhi Sulsel Yonggris Lao mengatakan, konser ini dilaksanakan untuk menghormati sang Buddha. “Buddha bukanlah sosok fisik, tetapi batin yang luhur yang hadir dalam diri setiap makhluk hidup,” ucapnya.

Bukan tanpa alasan, tema yang diusung Permabuddhi Sulsel pada perayaan konser tersebut, kata Yonggris lagi, yakni menjadi terang dunia. Sejalan dengan tema tersebut, sambung Yonggris, diharapkan bibit Buddha yang ada dalam diri setiap manusia, akan menerangi hati dan pikiran serta mencerahkan batin. Sehingga sikap dan ucapan menjadi lebih baik. “Manusia-manusia yang tercerahkan, akan menjadi terang dunia dan dapat membimbing orang lain, untuk hidup benar dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tuturnya.

Hadir dalam konser tersebut, Plt Dirjen Bimmas Agama Buddha Kemenag RI Nyoman Suriadarma, Ketua Umum Permabuddhi Pusat Philip Kuntjoro Widjaja, serta sejumlah tamu undangan. Tak hanya sekedar pementasan, momen tersebut juga dijadikan sebagai wadah pemersatu kebahagiaan, serta kolaborasi bersama dari berbagai majelis dan mazhab agama Buddha di Sulsel. “Dengan semangat Waisak, menghadirkan berkah kebahagiaan, kesejahteraan, kedamaian, dan keharmonisan bagi seluruh dunia,” pungkas Yonggris.

Sebelumnya, Permabuddhi Sulsel juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Trisuci Waisak. Seperti meditasi dan doa untuk bangsa, donor darah, pasar murah, dan berbagai kegiatan lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan dikunci dengan undangan ramah tamah bersama, dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Baruga Pattingalloang usai konser.(*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kabalai BPTD Kelas II Sulsel: Arus Balik di Pelabuhan Bajoe Lancar

18 April 2024 - 13:33 WITA

Mantan Dekan Fakultas Teknik UNHAS Prof Arsyad Siap Bertarung di Pilkada Sinjai

17 April 2024 - 16:18 WITA

Pilkada-Sinjai 2024

Sambut HUT ke-26 Kementerian BUMN, PLN IP UBP Tello Perkuat Transisi Energi Melalui PLTS Hybrid Selayar

16 April 2024 - 17:05 WITA

Harian Disway Sulsel Berduka

14 April 2024 - 14:48 WITA

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445H, PLN IP UBP Tello Perkuat Koordinasi dengan Kepolisian

11 April 2024 - 16:52 WITA

Jelang Idul Fitri 1445 H, Manajemen PLN IP UBP Tello Tinjau Kesiapan Pembangkit

11 April 2024 - 16:40 WITA

Trending di Berita