Menu

Mode Gelap

SULSEL · 15 Apr 2022 00:05 WITA

Lantik 775 Prajurit Dikmata, Pangdam Tegaskan Penerimaan Tidak Dipungut Biaya


 Lantik 775 Prajurit Dikmata, Pangdam Tegaskan Penerimaan Tidak Dipungut Biaya Perbesar

DISWAY, Gowa – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., secara resmi menutup Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Darat Gelombang II Tahun Anggaran 2021 (Ov), di lapangan Prayudha Secata Rindam XIV/Hasanuddin Jl. Sultan Hasanuddin Tinggimoncong Malino, Kabupaten Gowa, Kamis 14 April 2022.

Pelaksanaan upacara penutupan ini, disamping sebagai simbol berakhirnya pendidikan tahap I, kegiatan ini juga sekaligus sebagai prosesi pelantikan terhadap 775 orang prajurit siswa yang telah resmi memperoleh status sebagai Tamtama TNI Angkatan Darat.

Pangdam XIV/Hasanuddin dalam amanatnya mengatakan, bahwa suasana seperti ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi para Tamtama yang telah berhasil melalui satu tahapan pendidikan sebagai awal dari perjalanan seorang prajurit untuk berkarier di lingkungan militer.

“Selaku pribadi dan atas nama Komando, dengan rasa bangga saya menyampaikan ucapan selamat kepada para Tamtama atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan tahap I, disertai harapan agar hal ini dapat dijadikan sebagai motivasi dalam meniti perjalanan pengabdian di lingkungan TNI Angkatan Darat, khususnya di Kodam XIV/Hasanuddin,” Ucapnya.

Andi Muhammad kemudian menekankan kepada prajurit yang dilantik bagai kertas putih yang belum tersentuh, sehingga kedepan mereka diharapkan mengisi dengan pengabdian terbaik untuk masyarakat, keluarga, dan negara

“Jalan kalian ke depan masih terbentang luas, ibarat kertas putih yang belum tersentuh, isilah dengan gambar-gambar pengabdian terbaik yang dapat dibanggakan oleh masyarakat, terutama keluarga,” tutur Andi Muhammad

Kemudian orang Nomor satu di lingkup Kodam XIV/Hasanuddin itu menyampaikan harapannya kepada prajurit yang dilantik untuk tetap bersikap rendah hati dengan selalu berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

“Status sebagai prajurit TNI AD yang telah disandang pada hari ini, jangan membuat kalian menjadi tinggi hati dan merasa paling hebat, karena hal tersebut justru akan membawa kalian pada kehancuran, akan tetapi bersikaplah rendah hati dengan selalu berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” harapnya

Lebih lanjut, Andi Muhammad dalam sambutannya menegaskan, bahwa penerimaan prajurit di lingkup TNI AD sama sekali tidak dipungut biaya apapun.

“Perlu saya sampaikan juga bahwa para hadirin yang hadir penerimaan tamtama ini yang setiap tahun 2 gelombang saya nyatakan bahwa tidak ada pungutan satu sen pun, tidak ada bayaran apapun,” tegasnya

Tak lupa, Pangdam XIV/Hasanuddin itu, berpesan kepada seluruh keluarga prajurit yang hadir bahwa TNI AD tidak akan menerima bayaran dan akan menindak tegas baik dari keluarga, prajurit serta oknum

“Tolong disampaikan kepada masyarakat yang lain, jadi masuk diprajurit apapun di TNI, khususnya TNI AD tidak kita menerima bayaran dan itu tidak boleh, dilarang, diharamkan. Saya akan usut tuntas apabila ada oknum dan kami berikan sanksi dan tindakan. Resikonya berat baik bagi prajurit, maupun keluarga, dan oknum,”

Untuk diketahui, para prajurit lulusan Dikmata TNI AD TA 2021 ini selanjutnya akan menjalani pendidikan lanjutan yaitu pendidikan kecabangan. Bagi yang mendapatkan kecabangan Infanteri, pendidikannya akan dilaksanakan di Dodiklatpur Rindam XIV/Hasanuddin Bance’e, sedangkan bagi Tamtama yang diluar kecabangan Infanteri, akan melaksanakan pendidikan di pusat pendidikan kecabangan masing-masing yakni di wilayah Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Turut hadir Kasdam Brigjen TNI Danny Budiyanto, S.E., M.Han., Irdam Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos., Kapoksahli Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.I.P., M.M., Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL, S.H., M.H., para Asisten dan para Kabalakdam XIV/Hasanuddin serta Forkopimda Gowa.***

(Rilis)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PLN IP UBP Tello Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Ramadan

13 Maret 2024 - 14:09 WITA

PLN IP UBP Tello Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Ramadan

Dosen Farmasi UNISMUH Gelar Penyuluhan Pengetahuan dan Kewaspadaan Penggunaan Obat Kepada Masyarakat

30 Januari 2024 - 12:35 WITA

Pj Gubernur Sulsel Beri Bantuan Peralatan Pelaku UMKM di Lutim

5 Januari 2024 - 09:05 WITA

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin memberikan bantuan peralatan ke pelaku UMKM Luwu Timur, Kamis 4 Januari 2024. (Foto: Humas Pemprov)

Pj Gubernur Sulsel Ingin Jadikan Luwu Timur Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru Sulsel

5 Januari 2024 - 08:56 WITA

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, punya mimpi besar menjadikan Kabupaten Luwu Timur sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru. (Foto: Humas Pemprov)

BBM Langka Jelang Nataru

18 Desember 2023 - 13:25 WITA

Kendaraan roda empat mengisi bahan bakar minya (BBM) di SPBU Jalan Satulangi, Minggu 17 Desember 2023. (Foto: Disway-Hasrul)

Polemik ASN NonJob/Demosi Era ASS, Surat BKN Sampai ke Pemprov Sulsel

8 Desember 2023 - 18:16 WITA

Trending di Berita