Menu

Mode Gelap

Soppeng · 16 Jun 2022 16:36 WITA

Maksimalkan Pelayanan, DPMPTSP Beri Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis OSS-RBA


 Maksimalkan Pelayanan, DPMPTSP Beri Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis OSS-RBA Perbesar

DISWAY, Pangkep – Dalam rangka memaksimalkan pelayanan serta memberi kemudahan dan kepastian berusaha melalui proses perizinan yang lebih mudah, cepat dan transparan melalui sistem Online Single Submission – Risk Based Approach (OSS-RBA).

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) gelar bimbingan teknis bagi pelaku usaha UMKM, cabang Dinas perikanan dan Pemerintah Desa di Kabupaten Pangkep.

Selain itu sasaran dari kegiatan tersebut yakni pelaku PMDN, UKM, serta PMA untuk meningkatkan realisasi investasi penanaman modal ditahun sebelumnya. Dan juga diharapkan pula pelaku usaha dapat memahami ketentuan dan tekhnis perizinan sesuai undang-undang yang berlaku.

Kepala DPMPTSP Pangkep, Sulfida menjelaskan untuk memulai dan melakukan kegiatan usaha, pelaku usaha wajib memenuhi persyaratan dasar perizinan berusaha yakni, kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (daratan, laut dan kawasan hutan), persetujuan lingkungan dan persetujuan bangunan gedung, da sertifikat laik fungsi. Sementara untuk perizinan berusaha berbasis resiko yakni cukup dengan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Lanjut dijelaskan, pada kegiatan bimtek ini bertujuan melatih para pelaku usaha mandiri dan secara online mengurus perizinan berusaha dan meningkatkan kompetensi bagi para pelaku usaha dalam urusan penanaman modal termasuk OSS-RBA, dengan harapan para pelaku usaha dapat melaksanakan serta mengurus izinnya melalui lembaga OSS-RBA secara mandiri dan penginputan laporan kegiatan.

Selain itu untuk meningkatkan jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan berusaha yang didaftarkan secara online melalui OSS serta untuk meningkatkan jumlah pelaporan kegiatan penanaman modal pelaku usaha atau realisasi investasinya.

“Program bimtek ini sebagai tindak lanjut dari program kementerian investasi dan BKPM dengan alokasi anggaran DAK untuk DPMPTSP Pangkep,”ujar Sulfida saat dijumpai usai Bimtek di ruang pertemuan Mattampa INN Bungoro, Pangkep, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, Kamis (16/6/2022).

Lebih jauh diungkapkan Sulfida, pelayanan perizinan terpadu satu pintu akan mempermudah para investor lokal, nasional maupun asin untuk berinvestasi pada daerah tertentu, yang dimana tentunya akan menguntungkan pemerintah daerah khususnya. Kebutuhan pemerintah disetiap daerah akan manajemen penanaman modal daerah dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu sangat diperlukan untuk pembangunan daerah tertentu, bangsa dan negara secara keseluruhan.

Dalam rangka pemantapan dan pemahaman tentang kegiatan perizinan berusaha berbasis online (OSS-RBA) dan laporan pelaksanaan kegiatan penanaman modal maka DPMPTSP Pangkep, menggelar bimtek implementasi perizinan berusaha (OSS-RBA) dan sistem penginputan ini.***

(Awi)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Jembatan Pelengkung Baja Terpanjang di Soppeng Siap Diresmikan

14 Agustus 2023 - 17:15 WITA

Jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng segera dimanfaatkan dan dinikmati oleh warga. (Dok Pemprov Sulsel)

Boyong Kades ke Bali, APDESI Soppeng Tuai Sorotan

25 Mei 2023 - 15:13 WITA

Sebanyak 26 kepala desa di Kabupaten Soppeng berangkat ke Bali untuk melakukan studi kerja, Rabu, 24 Mei 2023. (ist)

Jaksa kembali Periksa Oknum ASN dalam Kasus Dugaan Korupsi Pemeliharaan Jalan

28 Maret 2023 - 15:25 WITA

AD Resmi di Tahan Oleh Kejaksaan Negeri Soppeng Setelah Sebelumnya Ditetapkan Tersangka.

21 Maret 2023 - 22:20 WITA

Lagi, Kejari Soppeng Tetapkan Tersangka Baru Berinisial AD

21 Maret 2023 - 20:17 WITA

Pasca Aksi Teror Bom di Bandung, Polres Soppeng Tingkatkan Sispam

7 Desember 2022 - 19:25 WITA

Antisipasi teror bom
Trending di Soppeng