Menu

Mode Gelap

SULSEL · 27 Feb 2022 18:55 WITA

Mandiri Benih Pacu Produktivitas Pertanian di Sulsel


 Mandiri Benih Pacu Produktivitas Pertanian di Sulsel Perbesar

diswaysulsel.com, MAKASSAR — Sulsel merupakan salah satu provinsi yang kaya akan hasil pertanian. Bahkan telah menjadi lumbung pangan nasional.

Menjaga produktivitas pertanian, Pemprov Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan menghadirkan Mandiri Benih. Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pun mengapresiasi program yang telah berjalan sejak tahun 2021 hingga kini.

“Alhamdulillah progres program strategis Mandiri Benih Sulsel oleh Pemprov terlihat sesuai rencana di penangkaran,” ungkap Andi Sudirman, Minggu (27/2/2022).

Adik kandung mantan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman itu pun berharap, program Mandiri Benih dapat membantu petani dalam menjaga kualitas benih dan membangun kemandirian petani untuk memproduksi benih.

“Kita ingin membangun kemandirian benih. Sehingga para petani bisa mandiri dalam memproduksi benih. Dengan adanya pendampingan itu mereka akan mendapat ilmu pengetahuan tentang penanaman benih di lapangan. Dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan benih unggul padi di tingkat petani dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas dan produksi tanaman padi di Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Andi Sudirman pun mengajak petani meningkatkan produksi padi dengan menggunakan benih yang berkualitas, menjaga pola tanam, mengatur jarak tanam dan pemeliharaan yang baik dan benar.

Terkait, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sulsel Muhammad Firda mengatakan, sementara berjalan saat ini, penangkaran tahap satu untuk program Mandiri Benih.

Untuk tahap pertama, dengan musim tanam Oktober 2021-Maret 2022, telah melakukan penangkaran benih sebar (BR) oleh Petani penangkar seluas 400 hektare dengan target produksi benih sebanyak 1.200.000 kg (1.200 ton). Dengan memanfaatkan areal 48.000 hektar.

Perbanyakan benih ini, melibatkan 12 kabupaten, 27 Kecamatan, 36 desa/kelurahan dan 234 petani penangkar benih padi. Masyarakat bakal menerima hasil produksi benih sebanyak 1.200 ton itu pada musim tanam April-September 2022.

“Kita lakukan pendampingan sehingga petani penangkar mendapatkan ilmu dan keterampilan dalam melakukan perbanyakan benih sebar,” jelasnya.

Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulsel pun berencana akan melanjutkan untuk tahap II musim tanam April-September 2022. Dengan produksi benih sebar padi sebanyak 436.363 kg dengan melibatkan petani penangkar sebanyak 85 orang.

Serta untuk Tahap III Musim Tanam Oktober – Maret (2022/2023), melaksanakan penangkaran benih sebar padi seluas 755 hektar dengan perkiraan produksi 2.265 ton benih sebar padi untuk kebutuhan luas lahan 90.600 hektar.

“Program perbanyakan benih ini tidak melibatkan seluruh kabupaten dalam penangkaran benih sebar, karena kita mencari kabupaten yang potensial dan aman dari dampak banjir dan kekeringan,” jelasnya.

Untuk mengoptimalisasi inovasi ini, dalam perbanyakan benih mendapatkan pendampingan dari UPT Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulsel.

Antara lain, UPT Balai Benih Tanaman Pangan di Maros, UPT Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Maros dan UPT Balai Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura Maros.(*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PLN IP UBP Tello Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Ramadan

13 Maret 2024 - 14:09 WITA

PLN IP UBP Tello Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Ramadan

Dosen Farmasi UNISMUH Gelar Penyuluhan Pengetahuan dan Kewaspadaan Penggunaan Obat Kepada Masyarakat

30 Januari 2024 - 12:35 WITA

Pj Gubernur Sulsel Beri Bantuan Peralatan Pelaku UMKM di Lutim

5 Januari 2024 - 09:05 WITA

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin memberikan bantuan peralatan ke pelaku UMKM Luwu Timur, Kamis 4 Januari 2024. (Foto: Humas Pemprov)

Pj Gubernur Sulsel Ingin Jadikan Luwu Timur Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru Sulsel

5 Januari 2024 - 08:56 WITA

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, punya mimpi besar menjadikan Kabupaten Luwu Timur sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru. (Foto: Humas Pemprov)

BBM Langka Jelang Nataru

18 Desember 2023 - 13:25 WITA

Kendaraan roda empat mengisi bahan bakar minya (BBM) di SPBU Jalan Satulangi, Minggu 17 Desember 2023. (Foto: Disway-Hasrul)

Polemik ASN NonJob/Demosi Era ASS, Surat BKN Sampai ke Pemprov Sulsel

8 Desember 2023 - 18:16 WITA

Trending di Berita