Menu

Mode Gelap

Gowa · 8 Apr 2022 17:52 WITA

Negosiasi Komisi D dan Warga Pattallassang Buntu, Poros Bu’rung-bu’rung Kembali Diblokade


 Negosiasi Komisi D dan Warga Pattallassang Buntu, Poros Bu’rung-bu’rung Kembali Diblokade Perbesar

DISWAY, Gowa – Poros Bu’rung-bu’rung, Kecamatan Pattallassang, Gowa jadi atensi DPRD Sulsel. Komisi D DPRD Sulsel turun meninjau kondisi jalan poros Bu’rung-bu’rung yang rusak parah di blokade oleh Warga, Jumat, 8 April 2022.

Anggota dewan yang dipimpin Ketua Komisi D, Rahman Pina tiba di Poros Bu’rung-Bu’rung sekitar pukul 09.00 WIT.

Selain melihat langsung kondisi Poros Bu’rung-bu’rung, Rahman Pina dan koleganya juga menegosiasi masyarakat setempat agar membuka blokade jalan.

“Ini memang masalah sangat serius.
Ruas jalan provinsi yang terbentang lebih 2000 kilometer di 24 kabupaten, sebagian besar rusak parah. Bahkan ada yang tak bisa dilalui,” ujar Rahman Pina disela kunjungan itu.

Poros Bu’rung-bu’rung Ini, kata dia salah satu contoh jalan provinsi yang rusak parah.
Menurut dia, kerusakan jalan ini disebabkan oleh dua hal, yakni cuaca dan tonase kendaraan.

Dia mengatakan, Gowa sebagai salah satu pemasok utama bahan bangunan di Makassar dan sekitarnya menjadikan jalan di daerah ini sebagai akses utama kendaraan bertonase besar.

“Ini kendaraan kadang mengangkut melebihi kapasitas jalan. Ditambah faktor cuaca yang tidak menentu. Hujan terus turun. Sementara musuh besar jalan itu kan hujan,” terangnya.

Khusus Poros Bu’rung-bu’rung ini, lanjut Rahman Pina anggaran perbaikannya sudah ada dan dipastikan dikerjakan tahun ini. Nilai anggarannya Rp6,5 miliar.

“Kami bicara dengan warga setempat agar jalan tersebut segera dibuka agar aktivitas warga tidak terganggu,” ungkapnya.

Sayangnya, permintaan anggota Komisi D DPRD Sulsel agar blokade Poros Bu’rung-bu’rung dibuka, tidak disetujui warga.

Tokoh pemuda Pattallassang, Bams menegaskan, blokade Poros Bu’rung-bu’rung kembali ditutup karena progres penimbunan yang dilakukan Dinas PUTR Sulsel tidak sesuai ekspektasi.

“Kami tegaskan Poros Bu’rung-bu’rung tidak akan kami buka sebelum ada progres 50 persen jalan yang berlubang disini ditimbun material,” tegas Bams.

Negosiasi yang dilakukan anggota Komisi D DPRD Sulsel sempat alot. Namun tak ada kata sepakat. Nego berakhir buntu. Warga Pattallassang tetap kukuh menolak blokade Poros Bu’rung-bu’rung dibuka.

Padahal sehari sebelumnya, Kamis 7 April, blokade jalan provinsi tersebut sempat dibuka. Akses pengendara pun kembali lancar. Akan tetapi, tengah malamnya, Poros Bu’rung-bu’rung kembali diblokade.

Kepala UPT Wilayah IV Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Sulsel, Andi Sahwan Mulia menyampaikan, sesuai kesepakatan dengan masyarakat, pihaknya telah menurunkan material untuk menimbun jalan yang berlubang.

Kata dia, ada sekitar lima mobil truk pengangkut material dikerahkan ke Poros Bu’rung-bu’rung.

“Tapi upaya kita ini ternyata sia-sia. Tidak bisa juga kita melakukan pengaspalan langsung. Itu bisa tumpang tindih anggaran,” tandasnya.***

(Rus)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bawaslu Gowa Minta KASN Sanksi Berat Oknum ASN Pelaku Politik Uang

6 April 2024 - 19:03 WITA

Anggota Bawaslu Gowa, Yusnaeni menyerahkan rekomendasi dugaan pelanggaran netralitas ASN kepada KASN di Kantor Sekretariat Bawaslu Gowa, Kamis 4 April 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Pj Gubernur Perintahkan Inspektorat Sulsel Usut Carut Marutnya Pengurusan KGB di Takalar

7 Maret 2024 - 17:56 WITA

Kepala cabang Dinas Pendidikan wilayah VII Takalar - Jeneponto, Hj Andi Ernawaty dan Kepala Tata Usaha (KTU) Asrul dan Amirullah salah satu staf tata usaha terancam mendapat sanksi tegas dari Dinas Pendidikan Sulsel. (Foto: Disway-Adlan)

Jelang Ramadan, Bupati Adnan Warning Distributor Nakal

7 Maret 2024 - 15:43 WITA

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memberikan instruksi kepada pihak terkait agar mengawasi harga dan ketersediaan stok kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah di kegiatan High Level Meeting di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rabu 6 Maret 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Bupati Gowa Kembali Dipercaya Pimpin PMI Sulsel

6 Maret 2024 - 10:44 WITA

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan diberi selamat oleh pengurus PMI Sulsel disela Musprov, Selasa 5 Maret 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Korsleting Listrik, Rumah Warga di Desa Manuju Gowa Ludes Terbakar

1 Maret 2024 - 14:02 WITA

Dg Mantang, warga Desa Manuju, Gowa dirawat di Puskesmas Manuju setelah mengalami luka bakar akibat kebakaran yang menghanguskan rumah panggung miliknya, Kamis 29 Februari 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa

27 Februari 2024 - 08:18 WITA

Bupati Adnan Purichta Ichsan menyampaikan sambutan pada peresmian kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa yang baru, Senin 26 Februari 2024. (Foto: Disway-Rusli)
Trending di Gowa