Menu

Mode Gelap

Bone · 20 Jun 2022 16:37 WITA

Panitia MTQ Bone Diminta Tranparansi Bantuan dari Pihak Ketiga


 Panitia MTQ Bone Diminta Tranparansi Bantuan dari Pihak Ketiga Perbesar

DISWAY,Bone – Panitia Pelaksanaan MTQ ke 32 Kabupaten Bone diminta paparkan secara tranparansi bantuan yang masuk dari para pelaku usaha di kabupaten Bone.

Kendati bantuan tersebut untuk menutupi kekurangan anggaran dari pelaksanan MTQ ke 32 di kabupaten Bone. Di mana sebelumnya Pemkab Bone secara terbuka meminta sumbangsih atau partisipasi para pelaku usaha di kabupaten Bone untuk membantu mencukupi anggaran MTQ.

Namun upaya tersebut, belakangan ini mulai mendapat sorotan dari berbagai kalangan.
Pelaksana MTQ didesak untuk memaparkan jumlah atau nilai keselurahan anggaran bantuan yang sudah masuk.

” Sebaiknya Pantia harus memaparkan secara transparansi bantuan masuk dari para pelaku usaha itu, agar kita masyarakat kabupaten Bone tahu nilainya, ” kata Mostofa salah seorang penggiat lembaga masyarakat di Bone.

Menurutnya, pantia seharusnya sebelum pelaksanaan MTQ ini berlangsung. Lebih dulu memaparkan kepada publik terkait bantuan yang masuk agar masyarakat kabupaten Bone tahu akan kekurangan ataupun kelebihan anggaran. Sebagaimana sering didengungkan sebelumnya, jika panitia saat ini kekurangan anggaran.

“Jangan cuma disaat kekurangannyanya dipaparkan, tetapi panitia pun seharusnya menjelaskan soal berapa semua anggaran yang masuk. Apalagi ada bantuan masuk dari para pelaku usaha di kabupaten Bone, ” sebutnya.

Selain Mustofa , RH ( minta diinisilakn namanya ) salah satu pelaku usaha Bone juga berharap pemerintah dalam hal ini panitia pelaksanan MTQ harus menjelaskan secara transparansi soal bantuan masuk dari para pelaku usaha .

” Masalahnya dari banyaknya pelaku usaha di Bone, kemungkinan ada juga pelaku usaha yang tak berpartisipasi, dan hanya ingin para penentu kebijakan ( pemerintah ) memberikan apresiasi juga kepada pelaku usaha yang berpartisipasi. Intinya kita hanya ingin tahu sudah berapa sih atau berapa sih sumbangsih pelaku usaha di Bone ini yang berpartisipasi,” jelasnya .

Hal ini juga cukup didukung oleh ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan. Menurut dia, jika beberapa pelaku usaha ataupun dari masyarakat luas ingin mengetahui nilai atau jumlah total bantuan masuk dari pelaku usaha, itu adalah hal yang wajar supaya masyarakat tahu sebenarnya.

“Saya rasa itu adalah hal yang wajar, jika ada yang menginginkan demikian dan ingin mengetahui jumlah total dari bantuan masuk dari pelaku usaha,” jelasnya .

Irwandi juga menjelaskan, jika pelaksanan MTQ ini akan menjadi tanggungjawab bersama untuk mensukseskan keberhasilan Bone menjadi tuan rumah. ” Karena menjadi bagian kebanggan dari kita seluruh masyarakat kabupaten Bone,” pungkasnya .

Untuk diketahui, sebelumnya dipaparkan jika Anggaran Pemkab yang siap hanya tersedia sekitar Rp5 miliar. Sementara dana yang harus disiapkan sebesar Rp 8 – 9 miliar. Bahkan telah dilakukan pemotongan Gaji ASN sebagai sumbangsi atau partisipasi juga sudah mulai digalakkan, diperkirakan dari hasil itu hanya mencapai Rp2 miliar. Sehingga panitia masih harus menyiapkan anggaran tambahan senilai Rp1-2 miliar. ***

(Subaer)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Sosok A. Islamuddin Dimata Tokoh Agama dan Masyarakat Bone

19 Mei 2024 - 10:19 WITA

Masyarakat Nilai Hanya 3 Nama Calon Bupati Yang Tepat Bisa Pimpin Bone, Nama Yasir Mahmud Tidak Direkeng

17 Mei 2024 - 11:57 WITA

Masyarakat Unggulkan Andi Islamuddin dan Andi Syamsiar Halid Berpasangan di Pilkada Bone 

13 Mei 2024 - 21:37 WITA

Tak Ada Pendaftar Calon Perseorangan di Pilkada Bone, Balon Bupati Masih Saling Kejar Dukungan Partai

13 Mei 2024 - 10:37 WITA

Setelah Seleksi PPK, KPU Bone Bakal Seleksi Metode CAT PPS, Gunakan 40 Sekolah

8 Mei 2024 - 20:23 WITA

KPUD Bone Tetapkan Jumlah Kursi Parpol dan Anggota DPRD Terpilih

3 Mei 2024 - 16:33 WITA

Trending di Bone