Menu

Mode Gelap

Bone · 18 Apr 2022 13:55 WITA

Pekerjaan Amburadul Rehabilitasi Jalan Taccipi – Tokaseng, YKP Kena Denda Rp10 Juta Perhari


 Pekerjaan Amburadul Rehabilitasi Jalan Taccipi – Tokaseng, YKP Kena Denda Rp10 Juta Perhari Perbesar

DISWAY, Bone – Kontraktor proyek rehabilitasi jalan Taccipi – Tokaseng, Kecamatan Ulaweng, Bone, CV Yusran Karya Pratama (YKP) dikenakan denda Rp10 juta perhari lantaran pekerjaan dianggap amburadul.

Tak hanya itu, rehabilitasi Jalan dan Talud (selokan) Taccipi – Tokaseng yang menelan anggaran Rp10 .8 Miliar lebih dari APBD 2021 Pemkab Bone tersebut telah melewati batas waktu yang ditetapkan, 1 April 2022.

Kepala Bagian Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Bone, Haji Jibang mengatakan, pemberian sanksi atau denda atas pekerjaan ruas jalan Taccipi – Tokaseng dengan panjang sekitar 6.5 kilometer itu sesuai kesepakatan awal dengan kontraktor.

Apalagi pekerjaan proyek rehabilitasi tersebut mendapat sorotan dari berbagai pihak dan dikeluhkan masyarakat sekitar, lantaran membahayakan pengendara.

” Kami sudah memberikan sanksi tegas kepada kontraktornya berupa denda Rp10 juta perhari. Dan saat ini kontraktornya juga sudah menyepakati untuk melanjutkan pekerjaan hingga 50 hari kedepannya, ” kata Jibang, Senin, 18 April 2022.

Dia memaparkan jika CV YKP dalam rentan waktu 50 hari belum mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut, pihaknya masih memberi kesempatan untuk dilanjutkan dengan catatan denda terus berjalan.

” Jika belum selesai dalam waktu 50 hari maka tetap akan dilanjutkan selama ada niat dari kontraktornya untuk memperbaikinya dengan ketentuan denda tetap terus berjalan, ” paparnya .

Meski demikian, Jibang menjamin pekerjaan jalan yang dikerjakan oleh YPK bisa rampung sesuai dengan batas waktu 50 hari. ” Untuk pekerjaan aspalnya, sebentarji, yang hanya jadi kendala kontraktornya saat ini tidak punya uang,” katanya.

Dalam aturan, sanksi mengenai denda keterlambatan proyek per hari diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Di Pasal 120 Perpres itu mengatur, penyedia barang/jasa yang terlambat menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu sebagaimana ditetapkan dalam kontrak, dapat dikenakan denda keterlambatan sebesar 1/1000 (satu per seribu/permil) dari harga kontrak atau bagian kontrak untuk setiap hari keterlambatan dan tidak melampaui besarnya jaminan pelaksanaan.

“Mereka (kontraktor) masih komitmen menuntaskan pekerjaan, meski nantinya bekerja dalam masa denda,” papar Jibang.

Terpisah Direktur CV YPK , Wahyu yang dihubungi via telepon menjelaskan, jika sanksi denda tersebut sudah menjadi aturan yang harus mereka terima dan siap untuk melanjutkan pekerjaan hingga batas waktu sesuai kesepakatan.

” Kami optimis jika pekerjaan kami bisa selesai pada batas waktu itu, dan soal denda itu sudah jadi ketentuan yang harus kami terima,” tukasnya .

Berbanding terbalik dengan pernyataan dengan warga setempat dan pernyataan salah satu konsultan proyek rehabilitasi Jalan Taccipi – Tokaseng. Mereka pesimis melihat pekerjaan dari rekanan, dikarenakan kondisi jalan dan perbaikan yang masih banyak sehingga mustahil bisa rampung dalam rentan waktu 50 hari kedepan .

” Sepertinya susah pak mereka ( kontraktornya) mampu rampungkan dalam batas waktu itu dengan melihat cara kerja mereka yang seperti itu. Kecuali jika kontraktornya bisa efektif bekerja setiap hari dengan penambahan pekerja, ” ungkap salah satu warga dusun Jompie yang namanya enggan dimediakan.***

(Subaer)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Sosok A. Islamuddin Dimata Tokoh Agama dan Masyarakat Bone

19 Mei 2024 - 10:19 WITA

Masyarakat Nilai Hanya 3 Nama Calon Bupati Yang Tepat Bisa Pimpin Bone, Nama Yasir Mahmud Tidak Direkeng

17 Mei 2024 - 11:57 WITA

Masyarakat Unggulkan Andi Islamuddin dan Andi Syamsiar Halid Berpasangan di Pilkada Bone 

13 Mei 2024 - 21:37 WITA

Tak Ada Pendaftar Calon Perseorangan di Pilkada Bone, Balon Bupati Masih Saling Kejar Dukungan Partai

13 Mei 2024 - 10:37 WITA

Setelah Seleksi PPK, KPU Bone Bakal Seleksi Metode CAT PPS, Gunakan 40 Sekolah

8 Mei 2024 - 20:23 WITA

KPUD Bone Tetapkan Jumlah Kursi Parpol dan Anggota DPRD Terpilih

3 Mei 2024 - 16:33 WITA

Trending di Bone