Menu

Mode Gelap

Gowa · 12 Mei 2022 15:52 WITA

Pemkab Gowa Godok Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang


 Pemkab Gowa Godok Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang Perbesar

DISWAY, Gowa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membuat Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) Kabupaten Gowa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina saat membuka Seminar Awal Pembuatan SIMTARU Kabupaten Gowa di Ruang Pertemuan Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Kamis (12/5) menyambut baik inisiasi Dinas PUPR Kabupaten Gowa membuat aplikasi ini. Dirinya mengatakan mengatakan bahwa aplikasi ini sangat dibutuhkan di era saat ini. Apalagi menurutnya saat ini meruapkan era keterbukaan informasi.

“Seiring dengan pemahaman masyarakat tentang penataan ruang, penataan ruang keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi. Maka tentu penyajian informasi yang berkaitan penataan ruang semakin meningkat,” ujarnya.

Lanjut Kamsina kehadiran Aplikasi SIMTARU berbasis Webgis sebagai upaya untuk mencapai tujuan penyelenggaraan tata ruang yang efektif dan efisien berdasarkan keterbukaan informasi dan keterlibatan masyarakat.

Dirinya menjelaskan bahwa aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa. Sehingga keberadaan aplikasi ini dapat digunakan dalam penyelenggaraan penataan ruang yang mengakomodir peran serta masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan berkualitas.

“Akses informasi ini akan mudah diakses bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa tanpa bertemu langsung,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin mengatakan bahwa tujuan aplikasi ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring, evaluasi dan pengendalian pemanfaatan ruang,

Kemudian terwujudnya sistem informasi tata ruang yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat dan dunia usaha. Terakhir tersedianya layanan pengaduan berbasis online terhadap penyimpangan pemanfaatan ruang.

“Aplikasi SIMTARU ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Insya Allah sudah bisa diakses pada bulan Oktober mendatang. Sekarang sementara tahap pengumpulan data melalui kegiatan seminar,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan beberapa fitur dan halaman pada aplikasi ini yaitu Home Page, Halaman yang ditampilkan ketika pertama kali visitor mengakses website SIMTARU Kabupaten Gowa.

Profil, yang menampilkan informasi Visi dan Misi SIMTARU Kabupaten Gowa, Regulasi, menampilkan daftar file-file regulasi yang berkaitan dengan tata ruang Kabupaten Gowa.

Kemudian fitur Pengaduan dan Rekomendasi, Halaman ini berisi form untuk pengunjung mengadukan setiap  pelanggaran tata ruang dan merekomendasikan tentang tata ruang di Kabupaten Gowa. Fitur Peta yang menampilkan informasi tata ruang Kabupaten Gowa dalam tampilan peta.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin, perwakilan SKPD dan Camat Se-Kabupaten Gowa.***

(Rus)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

KPU Gowa Lantik 90 PPK Pilkada 2024

16 Mei 2024 - 23:55 WITA

Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul didampingi anggota komisioner KPU Gowa lainnya membacakan sumpah pada pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis, 16 Mei 2024.

Lolos Administrasi, 304 Calon Anggota PPK Pilkada 2024 di Gowa Ikut Tes CAT

5 Mei 2024 - 19:04 WITA

Komisioner KPU Gowa, Suardi Mansing (tengah baju putih) memantau persiapan tes tertulis sistem CAT calon anggota PPK di SMK Negeri 4 Gowa, Minggu, 5 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

KPU Resmi Tetapkan 45 Caleg Terpilih DPRD Gowa, PPP Raih Kursi Terbanyak

3 Mei 2024 - 23:57 WITA

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Gowa pada Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Gowa, Kamis 2 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Inovasi Taman Gizi dan Obat, BKB “Matahari” Rindam Wakili Gowa Untuk Lomba Tingkat Sulsel

30 April 2024 - 14:00 WITA

Rekrutmen Badan Adhoc untuk Pilkada, KPU Gowa Butuh 591 PPK-PPS

23 April 2024 - 18:59 WITA

KPU Gowa Butuh 591 PPK-PPS. (Foto: Istimewa)

Pemkab Gowa Tanam 8.000 Pohon di Hari Bumi

22 April 2024 - 16:09 WITA

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan bibit pohon kepada pimpinan camat dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia di Kawasan Danau Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Senin 22 April 2024. (Foto: Disway-Rusli)
Trending di Gowa