Menu

Mode Gelap

Politik · 26 Feb 2022 14:21 WITA

Penetapan Gubernur Sulsel Definitif Menunggu Keputusan Presiden


 Penetapan Gubernur Sulsel Definitif Menunggu Keputusan Presiden Perbesar

DISWAY, MAKASSAR, – Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika Sari mengaku sampai sekarang pihaknya belum tahu finalnya seperti apa terkait pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menjadi Gubernur.

“Yang pasti sesuai dengan waktu tentunya, paling lambat tanggal 4 Maret 2022. Kalau minggu depan tidak ada berarti selesai. One Man Show sampai akhir,” ujar Andi Ina kepada media, sabtu (26/2/2022)

“Kendalanya berada di tangan pemerintah pusat dalam hal ini presiden,” sambungnya.
Dia menjelaskan, dalam rapat pimpinan (rapim) DPRD Sulsel sudah menjadi keputusan dan menjadi bahan yang disampaikan beberapa fraksi.

Dalam keputusan tersebut meminta Pimpinan DPRD Sulsel untuk segera lagi bersurat ke Kemendagri untuk mempertanyakan sejauh mana perkembangan rencana pelantikan Plt Gubernur Sulsel.

“Makanya kemarin surat itu sudah saya tandatangani dan sebagai ketua DPRD sudah jalan mekanismena untuk sampai ke Kemendagri,” ungkapnya.

Namun, Ketua DPRD Sulsel mengaku sampai saat finalnya seperti apa? Karena selama masih plt legitimasinya masih tetap sebagai plt. Sehingga jika ada keputusan tertentu yang menjadi kewenangannya harus tetap mendapat persetujuan dari Kemendagri. “Legitimasinya terbatas, sesuai aturan,” katanya.

“Kami berharap secepatanya Kemendagri mengambil keputusan, agar pemerintahan Pak Andi Sudirman menjadi definitif,” tegasnya.

Menurutnya, bukan hanya persoalan mengisi wakil gubernur. Tapi efektif dan legitimasi pemerintahan yang belum cukup kuat sepanjang plt ini belum definitif.

“Pemerintahan yang efektif kalau legitimasi sesuai aturan. Sedangkan terkait pencalonan wakil gubernur partai pengusung mencalonkan dua orang di rapat paripurna DPRD,” pungkasnya.(*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bawaslu Sulsel  Rekrut 3.059 Panwaslu Kelurahan/Desa, 10 Daerah Lakukan Perpanjangan

22 Mei 2024 - 16:14 WITA

KPU Makassar Habiskan Ratusan Juta Undang Artis

21 Mei 2024 - 17:43 WITA

Komisioner KPU Makassar, Abdi Goncing. (Foto: Istimewa)

Soal Jaminan Netralitas di Pilgub, Pj Gubernur Sulsel: Tegak Lurus

21 Mei 2024 - 15:57 WITA

Appi Timbang RP Jadi Pendampingnya: Kalau Tidak Bertanding, Bersanding Juga Bisa

21 Mei 2024 - 12:43 WITA

PKB Makassar Bahas Generasi Bangkit Jelang Pilwali

21 Mei 2024 - 01:54 WITA

Fachri Bachmid Jabat Pj Ketua Umum PBB Gantikan Yusril Ihza Mahendra

20 Mei 2024 - 22:50 WITA

Trending di Politik