Menu

Mode Gelap

Nasional · 14 Feb 2022 12:01 WITA

Perdoski Makassar : Hapus Stigma dan Diskriminasi Kusta


 Perdoski Makassar : Hapus Stigma dan Diskriminasi Kusta Perbesar

Diswaysulsel.com — Dalam memperingati hari Kusta Sedunia, berbagai lembaga maupun departemen menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial.

Salah satunya Departemen Dermatology dan Venereology Fakultas Kedokteran Unhas serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Makassar.

Lembaga ini menggelar tiga rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Kusta Sedunia 2022 yang jatuh pada tanggal 30 Januari 2022.

Acara pertama adalah edukasi dan penyuluhan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Makassar, mulai 7-16 Februari 2022.

“Penyuluhan Ini bertujuan agar masyarakat menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pasien kusta,” beber Ketua Departemen Dermatology dan Venereology FK Unhas DR.Dr. Siswanto Wahab,SpKK(K),FINSDV,FAADV, Senin (14/2/22).

Menurutnya, penyuluhan dilaksanakan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin yang ada di kota Makassar. Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan acara anjangsana ke Kompleks Kusta Jongaya Kota Makassar yang berada di Jl Dangko.

“Ada penyuluhan tentang bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan serta vaksinasi terhadap warga Kompleks Kusta yang Alhamdulillah berlangsung dari pagi hari sampai siang hari,” tambah Siswanto.

Menurutnya, warga kompleks kusta sangat antusias mengikuti vaksinasi.

“Mereka ada juga yang tidak ingin ke tempat pelayanan kesehatan sehingga kami dari dokter spesialis kulit kelamin yang dalam hal ini bekerja sama dengan Polrestabes Makassar menjemput bola dengan datang langsung ke kompleks kusta ini,” jelas Ketua Perdoski PC Makassar yang menaungi daerah Sulawesi Selatan dan Barat, Gorontalo, Kendari dan Ambon.

Rangkaian acara hari kusta sedunia di tutup dengan pelaksanaan webinar yang membahas tentang penyakit kusta dan terapi.

“Serta bagaimana kita menghadapi pasien kusta di masyarakat. Acara ini di buka oleh Ketua Departemen DERMATOLOGY dan venereology FK UNhas DR.Dr. Siswanto Wahab,SpKK(K),FINSDV,FAADV,” kata Dr.dr. Muji Iswanty,SH,MH,SpKK,M.Kes,C.Med.

Hadir dalam webinar itu diantaranya Dr. Widyawati Djamaluddin,SpKK,FINSDV , Dr. St Nur rahma, SpKK, Dr. Idrianti Idrus ,SpKK, M.Kes, dan Dr.dr. Muji Iswanty,SH,MH,SpKK,M.Kes,C.Med, serta Dr Fadlina Zainuddin ,SpKK,M.Kes.

Ketua Panitia Webinar, Dr Andi Nurhaerani Zainuddin Maskur,SpDV mengaku peserta webinar sangat antusias.

“Alhamdulillah pendaftar sampai H-1 sejumlah 960 orang dan semoga acara ini bermanfaat. Alhamdulillah seluruh rangkaian berjalan lancar, didukung Dokter Ali marikar Polrestabes Makassar yang banyak memberi support dalam kegiatan ini,” katanya.

Menurutnya, masih banyak pasien kusta yang sembuh belum bisa mendapat tempat di masyarakat. Olehnya itu, Perdoski Makassar mengajak kepada semua pihak, saatnya stop stigma dan diskriminasi pasien kusta.

“Apalagi di tengah pandemik covid-19 harus saling merangkul bekerja sama untuk Indonesia sehat,” pungkas dokter Muji yang juga ketua HIC FK UMI.(*)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Futsal Disway Cup 2024, Ajang Mempererat Silaturahmi

2 Maret 2024 - 10:13 WITA

Ketua panitia Disway Cup Yudi Hartono. (Foto: Disway.id-Sabrina Hutajulu)

Ini Kata Pertamina Soal BBM Naik Hari Ini

1 Maret 2024 - 06:08 WITA

Kendaraan roda empat mengisi bahan bakar minya (BBM) di SPBU Jalan Satulangi, Minggu 17 Desember 2023. (Foto: Disway-Hasrul)

Tepis Isu Persediaan Beras Kurang, Badan Pangan Nasional Jamin Harga Gabah Segera Turun

29 Februari 2024 - 06:33 WITA

Badan Pangan Nasional-Menjamin stok beras aman. (Foto: Instagram-BPN)

Dahlan Iskan di Hadapan Menpora: Disway Group Bisa Jadi ‘Agama Baru’

28 Februari 2024 - 21:05 WITA

Silaturahmi forum pimpinan redaksi DISWAY Group di Wisma Kemenpora Jalan Gelora, Jakarta Pusat pada Rabu 28 Februari 2024. (Foto: Disway.id-Sabrina)

Partai Demokrat Ingin Moeldoko Tetap Minta Maaf ke AHY dan SBY

27 Februari 2024 - 15:12 WITA

Momen KSP Moeldoko dan Menteri ATR AHY salaman dan tebar senyum saat hadir di Sidang Kabinet Paripurna di IStana Negara, Senin, 26 Februari 2024. (Foto: Sekretariat Presiden)

Anies Pasrah ke Partai Pengusung Soal Hak Angket

24 Februari 2024 - 12:39 WITA

Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Disway.id-Anisha)
Trending di Nasional