Menu

Mode Gelap

Gowa · 20 Mei 2022 12:56 WITA

Peringati Harkitnas, Wabup Gowa: Momen Bangkit dari Pandemi Covid-19


 Peringati Harkitnas, Wabup Gowa: Momen Bangkit dari Pandemi Covid-19 Perbesar

DISWAY, Gowa – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menyebut Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-114 sebagai momentum untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menjadi Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas Tingkat Kabupaten Gowa membacakan sambutan seragam Menteri Kominfo di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Jum’at (20/5).

“Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 ini mengangkat tema ‘Ayo Bangkit Bersama’ sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda kita dua tahun terakhir ini,” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan, Peringatan Harkitnas tersebut memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimana pada 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia, yang bertujuan untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni kemerdekaan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” jelasnya.

Olehnya ia mengaku, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Pasalnya di tengah krisis pandemi Covid-19, kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil. Sehingga sudah seharusnya memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

“Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional kita dapat melihat bahwa upaya menunjukkan hasil yang positif. Ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah dibawa angka 5000 kasus, bahkan capaian vaksinasi covid dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen,” jelasnya.

Meskipun kasus menunjukkan hal positif, masyarakat diminta untuk terus disiplin protokol kesehatan dan menggunakan masker khususnya ketika berada dalam ruangan agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Upacara ini turut diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, para Asisten, Staf Ahli dan pimpinan SKPD serta ASN lingkup Pemkab Gowa.***

(Rus)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Korsleting Listrik, Rumah Warga di Desa Manuju Gowa Ludes Terbakar

1 Maret 2024 - 14:02 WITA

Dg Mantang, warga Desa Manuju, Gowa dirawat di Puskesmas Manuju setelah mengalami luka bakar akibat kebakaran yang menghanguskan rumah panggung miliknya, Kamis 29 Februari 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa

27 Februari 2024 - 08:18 WITA

Bupati Adnan Purichta Ichsan menyampaikan sambutan pada peresmian kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa yang baru, Senin 26 Februari 2024. (Foto: Disway-Rusli)

MPP Gowa Akomodasi 147 Layanan Instansi Daerah-Vertikal

26 Februari 2024 - 14:58 WITA

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meneken prasasti peresmian Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Hoscok Sungguminasa, Senin 26 Januari 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Kapolres dan Ketua KPU Jenguk KPPS yang Dirawat di Puskesmas

24 Februari 2024 - 17:19 WITA

Kapolres Gowa, AKBP Reonald Simanjuntak bareng Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul dan Komisioner Bawaslu Gowa, Muhtar Muis menjenguk anggota KPPS yang dirawat di Puskesmas Simba Opu, Sabtu 24 Februari 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Reboisasi Massal, Kostrad Tanam 2.600 Pohon di Bendungan Bili-Bili

23 Februari 2024 - 08:23 WITA

Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni bersama anggota TNI dari Kostrad mengangkat bibit pohon yang akan ditanam dalam kegiatan reboisasi massal di Kawasan Arboretum 2 Bendungan Bili-Bili, Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe, Kamis 22 Februari 2024. (Foto: Disway-Rusli)

Polres Gowa Intens Pantau Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 di PPK

22 Februari 2024 - 16:14 WITA

Wakapolres Gowa, Kompol Soma Miharja saat memantau penghitungan suara Pemilu 2024 di PPK Parangloe, Kamis 22 Februari 2024. (Foto: Disway- Rusli)
Trending di Gowa