Menu

Mode Gelap

Takalar · 28 Feb 2022 16:46 WITA

Perjuangan Ranggong Daeng Romo dan Padjonga Daeng Ngalle Bukti Sejak Dahulu Takalar Cinta NKRI


 Peringatan gugurnya pahlawan nasional Ranggong Daeng Romo dan Wafatnya pahlawan nasional Padjonga Daeng Ngalle disertai dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) dan makam Padjonga Daeng Ngalle, Senin (28/2/2022). Perbesar

Peringatan gugurnya pahlawan nasional Ranggong Daeng Romo dan Wafatnya pahlawan nasional Padjonga Daeng Ngalle disertai dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) dan makam Padjonga Daeng Ngalle, Senin (28/2/2022).

diswaysulsel.com, TAKALAR — Tercatat dua pahlawan nasional di Takalar. Yakni, Ranggong Daeng Romo dan Padjonga Daeng Ngalle.

Upacara mengenang jasa dua pahlawan nasional nasional tersebut pun berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Senin (28/2/2022) pagi. Turut hadir, Wakil Bupati (Wabup) Takalar Achmad Se’re, Sekda Takalar Muh Hasbi.

Juga seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Takalar serta menghadirkan masing-masing pihak keluarga almarhum Ranggong Daeng Romo dan Padjonga Daeng Ngalle.

Bertindak sebagai inspektur di upacara mengenang pahlawan asal Takalar itu, Kapolres Takalar AKBP Gotham Hidayat membacakan sambutan Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

“Hari ini kita mengenang kembali dua putra terbaik Indonesia yang telah mencatatkan namanya sebagai patriot pejuang bangsa. Dua tokoh ini nasionalis sejati. Ini menunjukkan bahwa sejak dahulu Kabupaten Takalar cinta NKRI,” ungkap dia.

“Kedua tokoh ini menunjukkan bahwa kabupaten Takalar bukan penghianat, bukan pecundang, yang telah mewakafkan seluruh pikiran, jiwa, dan raga untuk kemerdekaan Indonesia,” kata Gotham Hidayat.

Tanggung jawab kita sekarang, lanjut Gotham, meneruskan semangat dan jiwa nasionalisme. Seperti halnya itu pula Ranggong Daeng Romo dahulu yang selalu bersemangat dan konsisten.

Juga Padjonga Dg Ngalle, yang merupakan pejuang yang cerdas dan pemberani. Terlebih ketika ia menegaskan bahwa wilayah Polongbangkeng secara de facto NKRI.

“Saya berharap momentum ini menjadi pelecut semangat untuk terus bekerja keras, bekerja tuntas, dan bekerja cerdas,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pj Bupati Takalar Terima Rombongan Kafilah MTQ ke-33 Tingkat Provinsi Sulsel

30 April 2024 - 17:11 WITA

Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, didampingi Pj Ketua TP PKK Takalar Sri Astuti Thamrin terima rombongan Kafilah MTQ tingkat Prov Sulsel. (Foto: Disway-Syahril)

Pemda Takalar Rencanakan Cairkan ADD Pekan Depan

26 April 2024 - 18:14 WITA

Kadis Sosial dan PMD, Andi Rijal Mustamin. (Foto: Istimewa)

Patut Diapresiasi, Polres Takalar Rehab Rumah Lima Unit Layak Tidak Huni

24 April 2024 - 15:20 WITA

Pj Bupati Takalar Pimpin Rapat Koordinasi Lintas OPD

24 April 2024 - 15:13 WITA

Pj Bupati Takalar Pimpin Rapat Koordinasi Lintas OPD. (Foto: Disway-Syahrir)

Mencuri Alat Mesin Giling, 8 Karyawan Pabrik Gula di Takalar Dipecat dan Diproses Hukum

21 April 2024 - 18:16 WITA

8 Karyawan Pabrik Gula di Takalar dipecat dan diproses hukum. (Foto: Disway-Syahrir)

Pj Bupati Takalar Buka Musrenbang RKPD Takalar Tahun 2025

19 April 2024 - 14:39 WITA

Pj Bupati Takalar Buka Musrenbang RKPD Takalar Tahun 2025.
Trending di Takalar