Menu

Mode Gelap

Nasional · 8 Apr 2022 18:15 WITA

PT Jhonlin Agro Raya Bangun Pabrik Kelapa Sawit Kapasitas 60 Ton per Jam


 PT Jhonlin Agro Raya Bangun Pabrik Kelapa Sawit Kapasitas 60 Ton per Jam Perbesar

DISWAY, KALSEL — Demi memenuhi kebutuhan bahan baku Minyak Sawit Mentah (CPO) dan mendukung program pemerintah dalam bidang industri energi terbarukan biodiesel, PT Jhonlin Agro Raya (PT JAR) mendirikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) berkapasitas 60 ton per/jam di Cantung, Kabupaten Kotabaru.

PKS Sungai Kamboyan Mill milik PT. JAR ini ditargetkan selesai dalam waktu 16 bulan kedepan dengan nilai investasi sebesar Rp195 Miliar. Pabrik tersebut juga direncanakan beroperasi Juli tahun 2023.

Direktur Utama PT. Eshan Agro Sentosa (PT.EAS) Holding Company, Bambang Aria Wisena yang membawahi PT. JAR mengatakan, PKS Sungai Kamboyan Mill ini merupakan pabrik ke-6 yang beroperasi di bawah EAS Group, sub-holding dari Jhonlin Group.

“Dengan adanya pabrik ini, akan memperkuat produktifitas kita, dan sebagai konsistensi Jhonlin Group sebagai induk usaha kami, dalam industri kelapa sawit terpadu, khususnya dibidang energi terbarukan biodiesel dengan menggunakan teknologi terbaru yang ramah lingkungan” terang Bambang, Jumat (8/04/2022).

Kedepannya lanjut Bambang, pabrik tersebut diharapkan menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di Kabupaten Kotabaru dan Kalimantan Selatan.

“Menjadikan Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu sebagai salah satu pusat penghasil biodiesel di kawasan Indonesia bagian timur, serta mendukung program mandatory biodiesel oleh Presiden Jokowi. Dan kedepannya, semoga masyarakat di Indonesia bagian timur tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan solar,” harapnya.

Untuk mencapai target produksi 360.000 Ton/tahun, di tahun 2023, PT. JAR telah mempersiapkan program kerja pabrik untuk tahun 2023.

Hal itu disampaikan Direktur PT. JAR, Zafrinal bahwa pada tahun 2023 mendatang ditargetkan utilisasi mencapai 80 persen dari total 60 Ton/jam dalam 4 bulan pertama di tahun 2023.

“Oleh karena itu, kami akan membutuhkan serapan tenaga kerja lokal sebanyak 80 persen dari total tenag kerja,” terang Zafrinal.

Selain akan menyerap tenaga kerja baru, Bupati Kabupaten Kotabaru Syaid Zafar berharap industri kelapa sawit di Kabupaten Kotabaru dapat meningkatkan anggaran pendapatan daerah dan memberikan kontribusi kepada petani sawit yang dapat mendistribusikan hasil sawitnya di PKS PT. JAR.

“Sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat Kotabaru,” harapnya.(*)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Isu Pergantian Pj Gubernur Sulsel Menguat, Kemendagri: Kita Liat Besok

16 Mei 2024 - 20:59 WITA

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Aang Witarsa Rofik.

Pj Bupati Ikram Malan Sangaji Dinilai Gagal Pimpin Halteng

16 Mei 2024 - 15:02 WITA

Pilkada 2024, KPU Siapkan TPS Lokasi Khusus

15 Mei 2024 - 16:24 WITA

DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama KPU RI, Bawaslu RI dan Kemendagri RI di Ruang Rapat Komisi II DPR RI. (Foto: Disway-Intan)

Jokowi Hapuskan Kelas BPJS Kesehatan, Ganti dengan Sistem Kelas Rawat Inap Standar

14 Mei 2024 - 18:26 WITA

Salinan Peraturan Presiden tentang penghapusan kelas BPJS. (Foto: Istimewa)

Harga Beras Naik, Jokowi: Patut Disyukuri Lebih Rendah dari Negara Lain

13 Mei 2024 - 19:41 WITA

Presiden Joko Widodo saat memberikan bantuan beras kepada warga di Kabupaten Muna, Sultra. (Foto: Istimewa)

Dicintai Rakyat, Projo Sulsel: Pak Jokowi Jangan Pulang Kampung Dulu

13 Mei 2024 - 17:10 WITA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Projo Sulsel, Herwin Niniala. Ist
Trending di Nasional