Menu

Mode Gelap

Peristiwa · 4 Mei 2022 16:01 WITA

Puskesmas Pulau 9 Ludes Dilalap Si Jago Merah


 Puskesmas Pulau 9 Ludes Dilalap Si Jago Merah Perbesar

DISWAY, Sinjai – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang terletak di Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai ludes dilalap si jago merah (api) yang terjadi Rabu, 4 Mei 2022, sekira pukul 01.30 wita dini hari.

Kapolsek Pulau Sembilan, Iptu Jalaluddin mengatakan bahwa kebakaran tersebut diketahui berawal dari seorang bidan puskesmas bernama Hasriani sedang bangun untuk buang air kecil, kemudian mencium bau hangus di ruangan KIA (Kesehatan ibu dan anak) kemudian bidan tersebut mendekati ruangan ternyata keadaan ruangan sudah terbakar habis.

Kemudian bidan tersebut membangunkan semua temannya untuk tinggalkan Puskesmas dikarenakan api yang sudah merambat dari ruangan yang satu keruangan yang lainnya. Sehingga para bidan yang sedang tidur pulas terbangun dan langsung menyelamatkan dirinya.

Akibat dari kejadian tersebut, adapun Barang- Barang yang terbakar diantaranya barang inventaris Puskesmas Pulau Sembilan, Laptop, Komputer, TV, Kulkas, Kulkas vaksin, Lemari obat, lemari berkas, Alkes (alat kesehatan), Branker (tempat tidur pasien), Satu unit bangunan terbuat dari kayu kelas satu, dengan total kerugian ditaksir sebesar Rp 1,5 Milyar dan korban jiwa dan luka-luka Nihil.

“Langkah-langkah yang diambil, turun langsung dilokasi kejadian untuk melaksanakan pengamanan. Situasi aman dan terkendali,” ujarnya.

Jalaluddin menambahkan, dugaan awal penyebab kebakaran tersebut yakni akibat korsleting listrik dikarenakan aliran listrik tenaga diesel yang dipakai di pulau sembilan tidak menentu voltasenya kadang naik kadang juga turun.

“Untuk sementara kebakaran terjadi diduga kuat disebabkan korsleting listrik diruangan kesehatan ibu dan anak puskesmas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Sinjai AKBP Rachmat Sumekar, melalui Kasi Humas Polres Sinjai AKP Fatahuddin B, SH
menambahkan bahwa Polres Sinjai akan melakukan penyelidikan tentang penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Kami berharap bantuan dan dukungan dari warga masyarakat agar proses penyelidikan yang dilakukan dapat segera mengungkap penyebab terjadinya kebakaran,” ujarnya.

“Selain itu, Pihak Polres Sinjai akan berkoordinasi dengan Labfor Cabang Makassar terkait kejadian kebakaran tersebut,” tutupnya.***

Penulis: Andi Irfan

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

9 Rumah Warga Dua Desa di Kecamatan Pulau Sembilan Diterjang Angin Kencang

7 Februari 2024 - 00:28 WITA

Bocah 6 Tahun di Tallo Kota Makassar Tewas Terpanggang

7 Januari 2024 - 15:15 WITA

Ilustrasi kebakaran rumah di Kecamatan Tallo yang menewaskan seorang bayi berusia 6 tahun. (Foto: Freepick)

Gegara Petasan, 1 Rumah Terbakar di Malam Tahun Baru

1 Januari 2024 - 07:37 WITA

Kobaran api akibat petasan yang menghanguskan 1 unit rumah kayu di Jalan Toa Daeng 3 RT 002, RW 008, Minggu (31/12/2023) sekitar Pukul 19.10 Wita.(Foto: Tangkapan Layar)

Amukan si Jago Merah Kembali Hanguskan 4 Rumah Warga di Jeneponto Rata dengan Tanah

15 Desember 2023 - 14:36 WITA

4 unit rumah milik warga rata dengan tanah oleh amukan si jago merah di kampung Lingkungan Bungung Lompoa, Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. (Disway-Syamsir)

Kampung Tala Berdarah Lagi, Pegawai Puskesmas Mapsu Diduga Tewas Gantung Diri

27 November 2023 - 19:06 WITA

Insiden berdarah kembali terjadi dilingkungan Tala, kelurahan Sombalabella, kecamatan Pattallassang, Takalar.

Amukan si Jago Merah Sapu Bersih 4 Rumah Warga Rata dengan Tanah, 12 Kambing dan 1 Motor di Birang Loe Jeneponto

23 November 2023 - 14:58 WITA

Trending di Jeneponto