Menu

Mode Gelap

Nasional · 10 Mar 2022 16:44 WITA

Sah! Andi Sudirman Sulaiman Jadi Gubernur Termuda di Indonesia


 Sah! Andi Sudirman Sulaiman Jadi Gubernur Termuda di Indonesia Perbesar

DISWAY, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Sudirman Sulaiman menjadi Gubernur Sulsel definitif untuk masa jabatan 2022-2023.

Andi Sudirman akan menjadi kepala daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) selama kurang lebih 18 bulan lamanya. Pelantikan Gubernur Sulsel 2022 itu berlangsung di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/3/2022) dan disiarkan langsung di Youtube Sekretariat Presiden.

Proses pelantikan diawali dengan proses kirab menuju ruang pelantikan di Istana Negara. Tampak Andi Sudirman berjalan di belakang Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, dan Mendagri Tito Karnavian.

Tiba di dalam Istana, acara kemudian diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan Andi Sudirman menjadi Gubernur Sulsel.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan tahun 2018-2023 oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nomor: 25B tahun 2022, tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Sulawesi Selatan masa jabatan tahun 2018-2023 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan tahun 2018-2023.

Andi Sudirman kemudian diambil sumpahnya dengan pembacaan sumpah yang langsung dipandu Presiden Jokowi. Tampak Andi Sudirman membacakan kata per kata sumpahnya sebagai kepala daerah Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, Andi Sudirman telah menjabat selama 1 tahun lebih sebelum dilantik jadi Gubernur Sulsel hari ini. Dia mulai ditunjuk oleh Kemendagri sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel pada 28 Februari 2022 lalu, atau setelah Nurdin Abdullah ditetapkan tersangka kasus korupsi oleh KPK.

Hal itu merujuk pada pasal 65 Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah (Pemda). Dimana ketika Gubernur tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya, maka akan digantikan seorang pelaksana tugas (Plt) yang sebelumnya sebagai wakil Gubernur.

Ditunjuk menjadi Plt Gubernur, Andi pun berharap dukungan masyarakat. Dia mengatakan penunjukan ini merupakan amanah dari Allah SWT sekaligus ujian.

“Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, tentu amanah dari Allah ini sebagai ujian dan setiap orang di antara kita akan diuji,” ujar Andi kepada wartawan, Jumat (28/2/2022).

Kini, di sisa masa jabatannya selama 18 bulan sebagai Gubernur Sulsel, Andi Sudirman dipastikan tidak didampingi wakil gubernur (Wagub), karena batas pengusulannya pada 5 Maret lalu sudah lewat.

Melansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman lahir di Kabupaten Bone pada 25 September 1983. Sudirman merupakan gubernur termuda saat ini di Indonesia dengan usia 38 tahun.

Andi Sudirman diketahui merupakan adik dari mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Selain itu, Sudirman juga punya kakak yang menjabat Kepala Bapenda Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman.(*)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Orang Tua Garda Depan Bentuk Anak Cerdas Literasi Digital

19 Juni 2024 - 22:09 WITA

Keadilan Biaya, Kunci Jaga Sustainabilitas Keuangan Haji

10 Juni 2024 - 22:08 WITA

Partai Buruh Ancam Demo Besar-Besaran Seluruh Indonesia, Minta Jokowi Cabut Tapera

6 Juni 2024 - 13:45 WITA

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengancam demo besar-besaran jika Presiden Joko Widodo tak mencabut peraturan Tapera, Kamis 6 Juni 2024. (Foto: Diswau.id-Cahyono)

Komitmen Indonesia Dorong Solusi Dua Negara untuk Kemerdekaan Palestina

3 Juni 2024 - 20:15 WITA

Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri, Diganti Basuki dan Raja Juli Antoni

3 Juni 2024 - 16:20 WITA

Kepala Otoritas Ibukota Negara (OIKN) Bambang Susantono. (Foto: OIKN)

KPK Ungkap Potensi Korupsi Anggaran Pendidikan 33 Persen, Dana BOS Terbesar

3 Juni 2024 - 14:48 WITA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ungkap potensi korupsi anggaran Pendidikan Indonesia 33 persen. (Foto: Freepick)
Trending di Nasional