Menu

Mode Gelap

Ekobis · 12 Mei 2022 22:53 WITA

Semen Tonasa Tingkatkan Efisiensi Energi Melalui Plant Optimizing


 Semen Tonasa Tingkatkan Efisiensi Energi Melalui Plant Optimizing Perbesar

DISWAY, Pangkep – Semen Tonasa terus melakukan inovasi di bidang teknologi informasi. Kali ini, perusahaan persemenan terbesar di Indonesia Timur ini melakukan Plant Optimizing dengan melakukan migrasi PXP-Advanced Process Control di Tonasa 5.

Aksi korporasi ini dilakukan selain untuk mengikuti perkembangan teknologi di bidang persemenan yang semakin berkembang, juga untuk meningkatkan efisiensi di perusahaan.

Direktur Operasi Bambang Haryanto menyebutkan, bahwa implementasi Plant Optimizing ini merupakan bagian dari transformasi digital industri 4.0 di perseroan.

“Plant Optimizing yang sedang kami jalankan ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari road map transformasi digital industri 4.0 di Semen Tonasa. Teknologi ini kami implementasikan di Raw Mill, Kiln, dan Cement Mill di Tonasa 5.” ungkapnya.

Bambang menambahkan, bahwa selain Plant Optimizing, pihaknya juga terus mengembangkan platform industri 4.0 yang telah berjalan di tahun lalu. Diantaranya predictive maintenance dan panduan pemeliharaan digital.

Sementara itu GM Komunikasi dan Hukum Semen Tonasa Andi Muhammad Said Chalik menyebutkan bahwa proyek ini merupakan inisiatif strategis perusahaan dalam bersaing di industri semen global.

“Harus diakui, bahwa kondisi persaingan di industri semen nasional maupun global sangat challenging. Karenanya, Semen Tonasa senantiasa melakukan inovasi yang salah satunya melalui teknologi industri ini.” ucapnya

“Implementasi Plant Optimizing ini kami yakini dapat membuka peluang optimalisasi dari sisi produksi. Selain itu, diharapkan juga dapat mempercepat standarisasi sistem equipment, SDM, dan proses lainnya secara digital.” tambahnya.

Plant Optimizing ini sendiri dapat mengoptimalisasi kapasitas produksi dan dapat meningkatkan efisiensi konsumsi energi thermal dan listrik di Semen Tonasa. ***

(rilis)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Skena Beri Dukungan ke UMKM, Ramadhan Jadi Kreatif dan Syar’i

1 Maret 2024 - 17:31 WITA

Jelang Ramadhan, Skena beri dukungan ke UMKM. (Foto: Istimewa)

Jelang Ramadan Maybank Kenalkan MySWM di Makassar

29 Februari 2024 - 23:04 WITA

Maybank Kenalkan MySWM di Makassar. (Foto: Istimewa)

Bulan K3 Nasional, PT Semen Tonasa Selenggarakan Lomba Tanggap Darurat

29 Februari 2024 - 22:49 WITA

PT Semen Tonasa gelar lomba Pertolongan Pertama pada Korban Patah Kaki dan Leher di depan CCR Tonasa V, Selasa 27 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Partisipasi Pembangunan Daerah, PT Semen Tonasa Raih Penghargaan dari Pemkab Pangkep

29 Februari 2024 - 22:36 WITA

PT Semen Tonasa raih penghargaan dari Pemkab Pangkep pada acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di Gedung DPRD Pangkep, Rabu 28 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Transformasi Industri 4.0, PT Semen Tonasa Raih Penghargaan dari Kemenperin

24 Februari 2024 - 08:40 WITA

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada PT Semen Tonasa sebagai National Lighthouse Industri 4.0 tahun 2024 bersama 14 perusahaan lainnya. (Foto: Istimewa)

Bulan K3, 32 Tim Perwakilan Perusahaan Ikuti Kejuaraan Badminton di Gedung Olahraga PT Semen Tonasa

23 Februari 2024 - 18:54 WITA

Pembukaan kegiatan penekanan tombol sirine oleh Moch. Alfin Zaini Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan serta beberapa stakeholder lainnya, Selasa 23 Januari 2024. (Foto: Istimewa)
Trending di Ekobis