Menu

Mode Gelap

Pangkep · 15 Apr 2022 17:00 WITA

Sidak di Pangkep, BPOM Temukan Minyak Goreng Curah Mengandung Zat Berbahaya


 Sidak di Pangkep, BPOM Temukan Minyak Goreng Curah Mengandung Zat Berbahaya Perbesar

DISWAY, Pangkep – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Makassar menemukan kandungan berbahaya pada sejumlah produk dan jajanan yang diperjual belikan di Pasar Sentral Pangkep.

Diantaranya minyak goreng curah yang dicurigai mengandung campuran zat berbahaya bagi tubuh

Kepala BPOM Makassar, Hardaningsih mengungkapkan melihat banyak minyak goreng curah yang dijual di pasar tersebut tanpa merek.

“Ini ada kita ambil yang dalam botol yang harusnya botol itu cuman sekali pakai. Kita ambil juga sampel minyak goreng. Karena kita lihat warannya lebih mencolok tetapi hasilnya itu diuji langsung di laboratorium,”ungkap Hardaningsih, dijumpai di pasar sentral Pangkajene saat melakukan sidak, Kamis(14/4/2022).

Selai itu, dari hasil sidak yang ditemukan bersama petugas yang diturunkannya itu, pihaknya mengambil 37 sampel makanan dan minuman.

“Sebanyak 37 produk, makanan dan minuman dilakukan sampel uji coba. Hasilnya, ditemukan tujuh makanan dan yang menggunakan pewarna tekstil, mengandung zat positif Rodamin B,”tukasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menemukan sejumlah bahan kue yang sudah kadaluarsa tetapi masih tetap dijual. “Ada yang sudah kadaluarsa. Itu kita minta untuk dimusnahkan tidak dijual lagi karena berbahaya,” paparnya.

Pihaknya mengatakan, sanksi yang diberikan atas temuan ini dengan mengamankan produk yang menggunakan pewarna tekstil dan memberikan edukasi agar menggunakan pewarna makanan.

“Sudah kita amankan, kita amankan supaya tidak dijual lagi. Kita minta diganti pakai pewarna makanan, bukan pewarna tekstil,”tambahnya.

Sementara itu, Bupati Pangkep Muhamad Yusran Lalogau, mengimbau warga tidak lagi menggunakan pewarna tekstil.

“Seperti pada saat perayaan Maulid, dimana para masyarakat mewarnai telur dengan pewarna pakaian, kita harapkan para masyarakat tidak menggunakannya lagi pada makanan,”tambahnya.***

(Awi)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, KIKST Salurkan Rp 40 Juta kepada Anak Yatim dan Duafa

15 Maret 2024 - 16:32 WITA

Bulan K3 Nasional, PT Semen Tonasa Selenggarakan Lomba Tanggap Darurat

29 Februari 2024 - 22:49 WITA

PT Semen Tonasa gelar lomba Pertolongan Pertama pada Korban Patah Kaki dan Leher di depan CCR Tonasa V, Selasa 27 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Partisipasi Pembangunan Daerah, PT Semen Tonasa Raih Penghargaan dari Pemkab Pangkep

29 Februari 2024 - 22:36 WITA

PT Semen Tonasa raih penghargaan dari Pemkab Pangkep pada acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di Gedung DPRD Pangkep, Rabu 28 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Bulan K3, 32 Tim Perwakilan Perusahaan Ikuti Kejuaraan Badminton di Gedung Olahraga PT Semen Tonasa

23 Februari 2024 - 18:54 WITA

Pembukaan kegiatan penekanan tombol sirine oleh Moch. Alfin Zaini Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan serta beberapa stakeholder lainnya, Selasa 23 Januari 2024. (Foto: Istimewa)

27 Mahasiswa dari Kampus Ternama di Indonesia Kunjungi PT Semen Tonasa

22 Februari 2024 - 16:20 WITA

27 Mahasiswa dari Kampus Ternama di Indonesia Kunjungi PT Semen Tonasa. (Foto: Istimewa)

Pangkep Siap Kirim Logistik Pemilu hingga ke Pulau Terluar

8 Januari 2024 - 08:47 WITA

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda dan Ketua KPU Pangkep, melakukan pengecekan di Gudang Logistik KPU Pangkep, Minggu 7 Januari 2024. (Foto: Humas Pemprov)
Trending di Pangkep