Menu

Mode Gelap

Nasional · 14 Feb 2022 16:26 WITA

Tim BNPB Bagikan Masker Gratis di 47 Titik Ibu Kota Hari Ini


 Tim BNPB Bagikan Masker Gratis di 47 Titik Ibu Kota Hari Ini Perbesar

DISWAY, JAKARTA — Rintik hujan tak mengendurkan semangat para ‘pejuang kemanusiaan’ di bawah naungan bendera Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk kembali membagikan masker secara gratis kepada masyarakat Ibu Kota Jakarta, Senin (14/2) pagi.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan giat tersebut adalah hari ketiga dari yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Jumat (11/2) dan Sabtu (12/2).

“Semangat yang digelorakan itu semata-mata untuk menegakkan protokol kesehatan di tengah masyarakat, seiring dengan adanya peningkatan kasus COVID-19 di DKI Jakarta,” katanya.

Sebagaimana yang menjadi arahan Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto, pembagian masker dilaksanakan dengan menyasar ke wilayah permukiman warga, perkampungan kumuh, ruas-ruas jalanan yang padat, terminal, stasiun, sektor perdagangan seperti pasar, mal dan pusat perbelanjaan modern lainnya.

“Titik beratnya adalah daerah-daerah padat penduduk, tentu saja kita menyasar ke golongan menengah ke bawah. Seperti pasar, kampung-kampung, daerah-daerah kumuh di Ibu Kota ini kita berikan masker. Sekali lagi supaya masyarakat sedikit terbantu terkait dengan kebutuhan masker, sehingga penegakan protokol kesehatannya lebih bagus lagi,” kata Ketua Satgas, Sabtu (12/2/2022).

Sesuai agenda, pembagian masker pada pagi ini dilakukan di 47 titik meliputi wilayah Gambir, Kebon Kelapa, Petojo Selatan, Petojo Utara, Bungur, Kenari, Kramat, Kwitang, Duri Kosambi, Kampung Bali, Karet Tengsin, Serdang, Sumur Batu, Utan Panjang, Ciganjur, Kramat Pela, Melawai, Petogongan dan Pulo.

Adapun berikutnya Tegal Parang, Cikoko, Duren Tiga, Kalibata, Pancoran, Pengadegan, Rawajati, Petukangan Utara, Ulujami, Guntur, Karet Kuningan, Karet Semanggi, Menteng Atas, Tebet Timur, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Wijaya Kusuma, Glodok, Keagungan, Angke, Duri Selatan, Duri Utara, Tambora, Tanah Sereal dan Duri Kepa.

Dalam pembagian masker itu, BNPB juga dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Satpol PP, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satgas Penanganan COVID-19, petugas kecamatan dan kelurahan setempat serta relawan lainnya.

BNPB menargetkan pendistribusian 10 juta masker selama kurun waktu 4 bulan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,5 juta masker ditargetkan dapat terdistribusi dalam tiga hari pada 135 titik yang ada di DKI Jakarta.

“Setiap titik mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 masker yang diperuntukkan untuk warga di perkampungan atau pun ruang publik,” katanya.(*)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Orang Tua Garda Depan Bentuk Anak Cerdas Literasi Digital

19 Juni 2024 - 22:09 WITA

Keadilan Biaya, Kunci Jaga Sustainabilitas Keuangan Haji

10 Juni 2024 - 22:08 WITA

Partai Buruh Ancam Demo Besar-Besaran Seluruh Indonesia, Minta Jokowi Cabut Tapera

6 Juni 2024 - 13:45 WITA

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengancam demo besar-besaran jika Presiden Joko Widodo tak mencabut peraturan Tapera, Kamis 6 Juni 2024. (Foto: Diswau.id-Cahyono)

Komitmen Indonesia Dorong Solusi Dua Negara untuk Kemerdekaan Palestina

3 Juni 2024 - 20:15 WITA

Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri, Diganti Basuki dan Raja Juli Antoni

3 Juni 2024 - 16:20 WITA

Kepala Otoritas Ibukota Negara (OIKN) Bambang Susantono. (Foto: OIKN)

KPK Ungkap Potensi Korupsi Anggaran Pendidikan 33 Persen, Dana BOS Terbesar

3 Juni 2024 - 14:48 WITA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ungkap potensi korupsi anggaran Pendidikan Indonesia 33 persen. (Foto: Freepick)
Trending di Nasional