Menu

Mode Gelap

Gowa · 18 Mei 2022 15:26 WITA

Wabup Gowa : Kolaborasi Pemerintah dan MUI Penting untuk Kemaslahatan Umat


 Wabup Gowa : Kolaborasi Pemerintah dan MUI Penting untuk Kemaslahatan Umat Perbesar

DISWAY, Gowa – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni berharap Pemerintah dan Majelis Ulama Indinesia (MUI) Kabupaten Gowa terus bersinergi dan berkolaborasi khususnya terkait kemaslahatan umat.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Daerah V Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu (18/5).

Ia mengatakan MUI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi para ulama dan para cendekiawan Islam untuk membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

“Sesuai dengan tugasnya, MUI membantu pemerintah dalam melakukan hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat Islam seperti mengeluarkan fatwa dalam kehalalan makanan, penentuan kebenaran sebuah aliran dalam agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seorang muslim dengan lingkungannya,” ungkapnya

Abd Rauf menjelaskan, sesuai dengan tema yang diangkat yakni ‘Dengan Musda V kita tingkatkan sinergitas ulama dan umara demi terpeliharanya keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara’ jika dianalisa sesuai dengan perkembangan zaman yang dihadapi.

Menurutnya sinergitas dan kolaborasi antara ulama dan umara atau pemimpin pemerintahan sangat dibutuhkan khususnya dalam mewujudkan kemaslahatan umat yang merupakan kepentingan masyarakat dan menjadi basis tujuan kebijakan pemerintahan.

“Ulama dan umara memang harus bersinergi dalam memastikan kemaslahatan umat itu bisa terwujud. Semoga kerjasama antara MUI dan pemerintah yang telah terjalin dengan harmonis di Kabupaten Gowa dapat terus ditingkatkan agar keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara dapat terus kita pertahankan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Gowa yang damai, sejahtera, adil, dan makmur,” harapnya.

Sementara Ketua MUI Gowa, Abu Bakar Paka mengatakan Musda ini merupakan agenda lima tahunan yang dilaksanakan untuk menyusun maupun pemilihan kepengurusan baru.

“Dalam Musda ini ada tiga agenda utama yang akan terselenggara yaitu Penyampaian LPJ pimpinan MUI Gowa Periode 2016-2021, penyusunan program lima tahun kedepan, pemilihan pengurus baru yang akan melaksankan tugas dan amanah 2022-2027,” katanya.

Pada pembukaan Musda V ini turut dihadiri Ketua DPRD Gowa, Kapolres Gowa, Kasdim 1409 Gowa, Sekretaris Umum MUI Sulsel dan106 peserta yang tersebar di Kabupaten Gowa.***

(Rus)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Predikat Informatif, Bawaslu Kabupaten Gowa Jaga Transparansi Keterbukaan Informasi Publik

15 Juni 2024 - 11:53 WITA

Bawaslu Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Predikat Informatif. (Foto: Istimewa)

Pencuri Motor Marak di Kecamatan Parangloe, Warga Minta Polisi Bekerja

1 Juni 2024 - 12:08 WITA

Motor CRF warna biru yang disimpan di teras rumah digasak maling, Sabtu (1/6/2024).

KPU Gowa Gelar Tes Wawancara Calon PPS di Kecamatan Parangloe, Diikuti 25 Peserta

23 Mei 2024 - 18:39 WITA

Komisioner KPU Gowa, dr Suardi Mansing (tengah baju putih) foto bersama dengan PPK Parangloe dan calon PPS disela tes wawancara di sekretariat PPK Parangloe, Kamis (23/5/2024).

KPU Gowa Lantik 90 PPK Pilkada 2024

16 Mei 2024 - 23:55 WITA

Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul didampingi anggota komisioner KPU Gowa lainnya membacakan sumpah pada pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis, 16 Mei 2024.

Lolos Administrasi, 304 Calon Anggota PPK Pilkada 2024 di Gowa Ikut Tes CAT

5 Mei 2024 - 19:04 WITA

Komisioner KPU Gowa, Suardi Mansing (tengah baju putih) memantau persiapan tes tertulis sistem CAT calon anggota PPK di SMK Negeri 4 Gowa, Minggu, 5 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)

KPU Resmi Tetapkan 45 Caleg Terpilih DPRD Gowa, PPP Raih Kursi Terbanyak

3 Mei 2024 - 23:57 WITA

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Gowa pada Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Gowa, Kamis 2 Mei 2024. (Foto: Disway-Rusli)
Trending di Gowa