Menu

Mode Gelap

Bulukumba · 20 Jun 2022 21:57 WITA

Warga Bulukumba Tewas Usai Mengalami Lakalantas Akibat Kabel PLN


 Warga Bulukumba Tewas Usai Mengalami Lakalantas Akibat Kabel PLN Perbesar

DISWAY, Bulukumba – Salah seorang warga Dusun Bontorita, Desa Bontomanai, Kecamatan Rilau Ale’, Bulukumba, bernama Darwati, tewas di tempat akibat kabel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di jalan poros Bulukumba-Sinjai, tepatnya di Desa Bulo-bulo, Kecamatan Bulukumba, Minggu siang, 19 Juni 2022.

Saat itu, korban bersama suaminya berboncengan ketika melintas di poros Bulukumba-Sinjai . Kemudian ada kabel milik PLN yang melintang di jalan raya. Naasnya, mereka tidak bisa menghindari kabel tersebut dan mengalami kecelakaan (Lakalantas). Diduga kabel milik PLN itu putus setelah disambar mobil tronton.

Suami korban juga mengalami luka cukup berat dan sedang menjalani perawatan medis di Puskesmas Bontobangun, Kecamatan Rilau Ale’.

Kanit Binmas Polsek Bulukumpa, Aipda Husni Jaya, membenarkan atas peristiwa kecelakaan tunggal tersebut. Menurut dia, bahwa dugaan awal kecelakaan, karena korban menginjak kabel yang melintang di jalan. Kabel milik PLN jatuh setelah disambar mobil tronton.

“Polisi sedang mengejar keberadaan mobil tronton yang memuat alat berat berupa ekskacavator. Karena dugaan awal kabel jatuh setelah diserempet mobil tronton. Korban datang menginjak kabel,” ungkapnya.

Tokoh masyarakat Bulukumba, Ciking, mempertanyakan soal penyebab kabel PLN putus. Apalagi, kabel berada di jalan poros. Dia menduga pemasangan kabel tidak Septi, karena kenapa bisa putus. Kemungkinan besar kabel PLN disambung.

“Saya menduga ada kelalaian yang mengerjakan pemasangan kabel. Karena kenapa bisa putus, sementara ini jalan poros. Kabel listrik harus terpasang bagus,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, dalam kondisi sekarang musim hujan, maka PLN harus turun melakukan pengawasan terhadap kabel-kabel yang ada di Bulukumba. Tujuannya, kata dia, agar ke depan tidak terjadi hal serupa.

“Jangan hanya aktif melakukan penagihan disetiap bulan, atau aktif melakukan pengawasan meteran. Tapi, bagaimana supaya aktif turun melihat kondisi lapangan,” ungkap mantan politisi Golkar Bulukumba ini.

Sementara itu, Bagian Pemasaran PLN Cabang Bulukumba, Andika, menjelaskan, bahwa kejadian disebabkan mobil tronton yang membawa alat berat melintas dengan kecepatan tinggi, yang menyeret kabel Jaringan Tegangan Rendah (JTR). Sehingga putus di jalan.

“Saat ini, PLN telah melakukan perbaikan di JTR di lokasi kejadian, dan sekarang sudah beroperasi dengan normal. Mudah-mudahan ke depan tidak terjadi lagi,” tutupnya.***

(Anchy Siregar)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kuasa Hukum Serahkan Memori Banding Kasus Akbar Idris Vs Bupati Bulukumba

6 Mei 2024 - 22:57 WITA

Meriah, Panen raya Jagung Pertama P4S Pallawa Tani di Kajang

25 April 2024 - 16:18 WITA

Panen raya Jagung Pertama P4S Pallawa Tani di Kajang. (Foto: Istimewa)

P4S Pallawa Tani Gandeng PT Maxxi Agri Budidaya Jagung

26 Desember 2023 - 19:31 WITA

Petani binaan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Pallawa Tani melakukan demplot pertanaman benih unggul jagung, Senin 26 Desember 2023. (ist)

PPS Desa Manjalling Bulukumba Sasar Kaum Perempuan Gelar Sosialisasi Pemilu 2024

30 November 2023 - 21:01 WITA

Realisasi PBB 100 Persen, Bupati Bulukumba Beri Penghargaan ke Sejumlah Pejabat Pemerintahan

25 September 2023 - 21:49 WITA

Bupati Bulukumba Andi Muhtar Ali Yusuf memberikan penghargaan terhadap empat pejabat dan kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bupati Bulukumba Andi Utta Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan

5 September 2023 - 19:12 WITA

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf (tegah) menghadiri upacara pelantikan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, dr. Bahtiar Baharuddin di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Selasa, 5 September 2023. (ist)
Trending di Berita