Menu

Mode Gelap

Maros · 9 Mei 2022 12:32 WITA

Wisatawan di Maros Meningkat Drastis, Disparpora Raup PAD Rp1 Miliar


 Wisatawan di Maros Meningkat Drastis, Disparpora Raup PAD Rp1 Miliar Perbesar

DISWAY, Maros – Tingginya jumlah pengunjung ke tempat wisata di Maros membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) berhasil meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersih sektor pariwisata kurang lebih Rp1 Miliar.

PAD bersih disektor wisata yang didapatkan itu hanya dalam sepekan saja di masa libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, mulai dari tanggal 1 hingga 8 Mei 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Maros, M. Ferdiansyah saat dikonfirmasi Disway mengatakan tingginya PAD yang berhasil diraup karena jumlah pengunjung mengalami peningkatan drastis dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini PAD bersih didapatkan kurang lebih Rp1 Miliar. Sedangkan tahun lalu berkisar Rp300 jutaan. Itu karena adanya pembatasan yang cukup ketat akibat pandemi dan waktu libur juga sangat pendek,” ucap M. Ferdiansyah, Senin 9 Mei 2022.

Ferdy sapaan karibnya mengungkapkan bahwa raihan PAD itu tidak luput dari kerja ekstra pihak Disparpora untuk meningkatan pelayanan pengunjung di tiga objek wisata tersebut.

Bahkan untuk memaksimalkannya, pihaknya menambahan personel untuk diturunkan membantu petugas yang melakukan penjagaan serta melakukan pengawasan langsung pendapatan.

“Kita turunkan satu bidang untuk mengkontrol pengunjung selama libur lebaran ini, kita bagi tugas. Kita tidak mau pelayanan ke pengunjung turun,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, kedepannya akan terus meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata di Kabupaten Maros khususnya yang di kelola Pemda.

“Tentu juga meningkatkan jasa pelayanan kepada pengunjung,” jelasnya.

Selain itu, Ferdy juga berterimakasih atas bantuan personel dari sejumlah stakeholder terkait, baik dalam segi keamanan dan kenyamanan pengunjung, khususnya di KWA Bantimurung.

“Kita berterimakasih kepada pihak TNI Polri yang senantiasa membackup kami dari segi keamanan, ditambah dari pihak Basarnas juga ada, pihak Kementrian PUPR yang telah menempatkan Toilet Mobilenya selama masa libur ini,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, dalam sepekan tiga objek wisata yang dikunjungi para pengunjung diantaranya KWA Bantimurung sebanyak 37.679, Water Park Bantimurung sebanyak 4.148 jiwa dan Taman Arkeologi Leang-leang sebanyak 1.602 jiwa, dengan jumlah total pengunjung sebanyak 43.429 jiwa.***

(Ais)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Chaidir Senang Pj Gubernur Bahtiar Seharian Ada di Maros dan Contohkan Safari Ramadan Metode Baru

17 Maret 2024 - 18:13 WITA

Malam Ketiga Ramadan, Bupati Chaidir Pilih Salat Tarawih di Masjid Nurul Ihsan Perumnas Tumalia Maros, Ini Pesannya Pada Jemaah

13 Maret 2024 - 22:14 WITA

Dimintai Uang Materai Rp10 Ribu di Loket Pendaftaran Samsat Maros, Seorang Wajib Pajak Protes dan Tidak Mau Bayar

7 Maret 2024 - 12:33 WITA

Tiga Tahun Memimpin Maros, Chaidir-Suhartina Sudah Persembahkan Tiga Piala Adipura

5 Maret 2024 - 21:48 WITA

Ingin Sesuaikan Talenta dan Kualifikasi Jabatan Kepala OPD, Pemkab Maros Gelar Job Fit

4 Maret 2024 - 12:52 WITA

Pemkab Maros Luncurkan Calender Event, Bakal Gelar 83 Kegiatan Selama Tahun 2024, Ini Daftarnya

28 Februari 2024 - 16:07 WITA

Trending di Maros